Polisi Batam Siap Hadapi Pendemo Anarkis
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 26-04-2016 | 12:26 WIB
latihan-polisi-demo-anarkis.jpg

Suasana latihan pengamanan demonstrasi yang digelar kepolisian di depan Kantor Wali Kota Batam. (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Personel gabungan dari Polda Kepri dan Polresta Barelang menggelar latihan menghadapi demo anarkis di depan kantor Wali Kota Batam, Selasa (26/4/2016) pagi.

Terpantau dalam latihan tersebut, puluhan pendemo berorasi di depan kantor Wali Kota Batam. Awalnya unjuk rasa masih berjalan kondusif. Tak berapa lama situasi agak memanas, pendemo yang kesal mulai melempar petugas dengan botol minuman.

Karena situasi semakin tidak kondusif pasukan Sabhara Polresta Barelang yang dibantu Brimob Polda Kepri lengkap dengan kendaraan water canon berusaha memukul mundur pendemo. Namun pendemo semakin anarkis bahkan melakukan tindak pidana pengerusakan dan penjarahan.

Tidak ingin aksi kriminal semakin melebar, petugas mengeluarkan tembakan peringatan ke udara. Namun tidak juga diindahkan, degan terpaksa melumpuhkan pendemo dengan menembakkan peluru karet.

Kapolresta Barelang, Kombes Helmi Santika mengatakan, kegiatan tersebut merupakan latihan rutin meningkatkan percaya diri dan kemampuan anggota kepolisian menghadapi demo anarkis.

"Latihan ini diikuti 600 personel gabungan Polda Kepri dan Polresta Barelang," ujar Helmi.

Lanjutnya, latihan tersebut juga akan digelar secara rutin. Konteksnya, menunjukkan kepada masyarakat, kesiapan polisi mengamankan kota. "Kalau kejadian demo, kan bisa dari mana saja, baik dari masyarakat maupun buruh," tutupnya.

Editor: Dodo