Pejabat di Kepri Disebut sebagai Pemilik Kios Liar di Tiban
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 23-04-2016 | 12:32 WIB
kios-liar-tiban.jpg
Inilah kios liar di Tiban yang diduga milik pejabat Kepri. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pertumbuhan kios-kios liar di Kota Batam tampaknya sudah tak terbendung lagi. Hanya segelintir dari kios liar itu yang ditertibkan oleh Tim Terpadu Pemko Batam. Beberapa diantaranya yang baru saja ditertibkan, yakni yang berdiri di jalur hijau Simpang Tropicana Bengkong Batam.

Namun, masih banyak kios liar yang berdiri, bahkan baru dibangun. Seperti yang terlihat di Tiban Center, tepatnya di depan Bright PLN Batam Cabang Sekupang Batam.

Ketika BATAMTODAY.COM mendatangi kios liar, yang diduga milik pejabat pemerintah itu, Sabtu (23/4/2016) pagi tadi, tampak belum dihuni. Meski demikian, tampak beberapa pemuda sudah menduduki kios liar tersebut. "Ada apa mas," kata pemuda berkulit hitam itu kepada BATAMTODAY.COM.

Saat ditanya, apakah kios-kios ini dijual atau disewakan, pria itu mengaku tidak mengetahui. "Tanya pria yang gondrong itu, dia tahu semua," katanya sambil menunjuk seorang pria berambut gondrong.

Saat didatangai, pria gondrong yang biasa disapa Hery mengatakan kios tersebut berjumlah 14 lapak. Yang disekat ini hanya disewakan, tidak dijualbelikan. Namun ia mengaku semuanya sudah penuh disewa warga setempat. "Sudah penuh disewa warga sekitar, satu bulan Rp1,5 ribu," kata Hery. 

Disingggung apakah lapak liar ini akan digusur oleh Tim Terpadu, mengingat kios yang berdiri di jalur hijau, itu masih dalam pemasangan lampu menerang itu. "Insya Alah tidaklah, jangan sampai," ucap dengan tenang menjawab BATAMTODAY.COM.

Menurut sumber BATAMTODAY.COM, kios berwarna hijau itu tak akan pernah disentuh oleh Tim Terpadu, mengingat pemilik lapak itu merupakan seorang pejabat tinggi di Provinsi Kepri.

"Itu menang di zona hijau, gak mungkin diratakan Tim Terpadu. Lagi gencar-gencarnya pembongkaran mereka malah membangun," tuturnya.

Editor: Dardani