Kecamatan Batuampar Juara Umum MTQ XXVIII Kota Batam Tahun 2016
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 22-04-2016 | 14:37 WIB
juara-mtq-batam.jpg
Plt. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyerahkan piala juara umum MTQ Kota Batam kepada ketua kontingen Kecamatan Batuampar. (Foto: Humas Pemko Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kecamatan Batuampar merebut gelar juara umum dari Kecamatan Batam Kota dalam Musabaqah Tilawatil Quran XXVIII tingkat Kota Batam tahun 2016. Pemenang diumumkan pada malam penutupan MTQ di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (21/4/2016).


Berdasarkan Keputusan Dewan Hakim nomor 04/dh/kep/mtq/iv/2016, Kecamatan Batu Ampar mendapat nilai tertinggi sehingga ditetapkan sebagai juara umum. Menyusul Kecamatan Sagulung di peringkat II, Kecamatan Sekupang di peringkat III, Kecamatan Batuaji di peringkat IV, Kecamatan Batam Kota di peringkat V, dan Kecamatan Nongsa di peringkat VI.

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan peserta terbaik 1, 2, 3 dan harapn 1 pada tiap cabang yang dilombakan di MTQ XXVIII tingkat Kota Batam tahun 2016. Keputusan mengenai para pemenang ini dituangkan dalam surat nomor 03/dh/kep/mtq/iv/2016.

Ketua Dewan Hakim, Sarbaini mengatakan ada beberapa cabang lomba yang diikuti hanya satu atau dua peserta sehingga hanya ada terbaik 1 dan 2. Meski begitu dari segi nilai, memenuhi untuk menjadi peserta terbaik 1 ataupun 2.

"Untuk hifzil Quran golongan 1 juz dan tilawah ada dua pemenang terbaik 3 karena nilai di setiap kategori penilaiannya sama. Sehingga ditetapkan pemenang kembar," ujarnya.

Menurutnya, peserta terbaik 1 tidak mutlak mewakili Kota Batam dalam MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Utusan Kota Batam nantinya adalah hasil pemusatan latihan atau training centre yang ditetapkan melalui keputusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

"Peserta TC (training centre) adalah peserta terbaik 1 dan 2 di tiap cabang lomba," terangnya.

Ketua LPTQ Kota Batam, Amsakar Achmad mengucapkan selamat kepada kafilah kecamatan yang berhasil menjadi juara. Dan bagi yang belum menang diharapkan bisa meningkatkan kemampuannya.

"Kafilah hafiz hafizah qori qoriah mufassir mufassirah sudah berjuang sedemikian rupa. Harapan kami tidak sekedar menjadi juara di tingkat Kota Batam. Kafilah kami bertekad menjadi juara di tingkat provinsi. Tahniah kepada kafilah yang berhasil jadi juara. Yang belum, kami harap meningkatkan kemampuannya karena masih ada kesempatan untuk diikutsertakan pada MTQ tingkat provinsi," kata Amsakar.

Editor: Dodo