Rekonstruksi Pembunuhan di Kampung Dalam Baloi Digelar, 11 Adegan Diperagakan
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 20-04-2016 | 15:12 WIB
rekon-yuyun.jpg
Yt saat memeragakan adegan dalam rekonstruksi pembunuhan Yuyun Suminar. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Reka ulang atau rekonstruksi pembunuhan terhadap Yuyun Suminar (24), yang dilakukan kekasihnya sendiri, Yt (32), di Kampung Dalam, Kelurahan Baloi Indah, Blok C no 06, Lubukbaja digelar. Sebanyak 11 adegan turut diperagakan, Rabu (20/4/2016).

Dalam rekonstruksi tersebut, sempat diwarnai emosi dari adik Yuyun, Maman Surahman (21), yang juga menjadi korban pembacokan saat kejadian itu. Sebab, ia merasa adegan yang diperagakan Yt tidak sesuai dengan kejadian awal.

Namun, situasi bisa diatasi aparat kepolisian hingga jalur rekonstruksi bisa dilakukan hingga akhir.

Kapolsek Lubukbaja, AKP I Putu Bayu Pati, mengatakan, kejadian saat pelaku membunuh korban, diperagakan pada adegan ke delapan, dimana saat itu pelaku dihina dan dimaki korban.

"Pelaku dikatakan tidak normal, sehingga membuatnya emosi pada korban. Saat itu juga ada pisau, pelaku langsung mengambil dan melayangkan ke arah korban yang tengah telungkup sambil memegang kakinya," ujar Putu.


Kemudian kejadian dilihat oleh Maman, dan mencoba melakukan perlawanan. Namun ia juga ikut menjadi korban dan harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Hingga akhir rekonstruksi, diperagakan oleh pelaku, dan disaksikan warga sekitar. "Rekonstruksi kita lakukan untuk melengkapi berkas, agar prosesnya bisa dilanjutkan. Tidak ada kendala dalam proses tadi. Tapi adik korban sempat emosi dan biasa diatasi," pungkasnya.

Editor: Dodo