Sertijab Pimpinan BP Batam Hanya Undang Kalangan Internal
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 13-04-2016 | 13:33 WIB
pelantikan_bp_batam.....jpg
Prosesi pelantikan Ketua, Wakil Ketua dan Anggota/Deputi Badan Pengelola Batam di Kantor Kementerian Perekonomian. (Foto: dok. BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) pimpinan Badan Pengelola (BP) Batam pada Rabu (13/4/2016) pagi hanya diikuti oleh kalangan internal dan tertutup untuk media.

"Iya tertutup karena hanya mengundang kalangan internal," kata Purnomo Andiantono, Direktur Promosi dan Humas BP Batam membenarkan hal tersebut.

Serah terima jabatan pimpinan BP Batam yang lama yakni Kepala Mustofa Widjaja, Wakil Kepala Jon Erizal, serta lima Anggota/Deputi, yakni Gani Lasya, Wayan Subawa, Istono, Nur Syafriadi, Fitrah Komaruddin kepada pimpinan baru Hatanto Reksodipoetro sebagai ketua, Agus Tjahajana Wirakusumah sebagai wakil ketua, serta lima anggota/deputi. Kelima deputi itu adalah Sigit Priadi Pramudito, Junino Jahja Eko Santoso Budianto, Purba Robert M. Sianipar,  serta Gusmardi Bustami.

Berita sebelumnya, Ketua DK PBPB Batam Darmin Nasution mengatakan, pelantikan itu merupakan tindak lanjut atas Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dewan Kawasan PBPB Batam.


Darmin mengaku hak perogratif sepihak dalam menunjuk pejabat BP Batam, meskipun tak melalui proses uji kepatutan dan kelayakan yang sesuai dengan prosedural dan mekanisme yang ada.

Darmin pun menerbitkan Surat Keputusan Menko Perekonomian Nomor 43 tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Penetapan dan Pengangkatan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Badan Pengusahaan Kawasan PBPB Batam. 

Darmin juga mengubah nama nomenklatur Badan Pengusahaan Batam menjadi Badan Pengelola Batam, di samping mengubah nama jabatan dari kepala dan wakil kepala menjadi ketua dan wakil ketua.

Kepada pengurus BP Batam yang lama, Darmin menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian mereka. Dan kepada pengurus yang baru, Darmin berharap dapat segera bekerja agar proses pembangunan Batam dapat segera berjalan.

"Ini bukan saja tugas yang penting tapi juga banyak orang yang menginginkan ini berhasil. Kita ingin ada kawasan yang kita semua bisa merasa bangga. Dan kebanggaan itu menjadi dasar bagi masyarakat Indonesia, menjadi suatu bukti bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang penting," ujar Darmin.

Menurut Darmin, susunan pengurus BP Batam yang baru itu terdiri dari para profesional. Kriteria itu merujuk pada integritas, kemampuan manajerial, serta memiliki pengalaman di bidang birokrasi, bisnis, bahkan hubungan internasional.

Darmin pun punya harapan besar pada pengurus baru BP Batam. "Agar segera bekerja sehingga proses pembangunan Batam dapat segera berjalan," katanya.

Editor: Dodo