Diduga Ada Kapal Terbakar, Asap Tebal Membubung dari Galangan Kapal di Tanjunguncang
Oleh : Harun al Rasyid
Rabu | 06-04-2016 | 16:05 WIB
kapal-terbakar-tanjunguncan.jpg
(Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepulan asap cukup tebal sempat terlihat di dalam kawasan PT TKA Tanjunguncang pada Selasa (6/4/2016) sekitar pukul 11.30 WIB. Kepulan asap tersebut diduga berasal dari api yang melalap salah satu kapal milik PT Batam Mitra Sejahtera (BMS) Tanjunguncang. 

Berdasarkan informasi yang didapatkan BATAMTODAY.COM di lapangan, kebakaran tersebut tak berlangsung lama. Selang beberapa menit saja pasca-munculnya asap tebal itu, satu unit mobil pemadam kebakaran langsung diterjunkan ke lokasi. 

"Iya tadi memang ada lihat asap tebal dari dalam (kawasan PT TKA, red). Sekitar jam makan siang kejadiannya. Asapnya lumayan tebal dan hitam," ujar Agung, petugas sekuriti sebuah perusahaan yang berdekatan dengan lokasi kebakaran. 

Sayangnya, Agung tak mengetahui secara persis pemicu kebakaran tersebut. Ia menduga, kebakaran tersebut akibat percikan api pekerja galangan kapal yang menyambar bahan yang mudah terbakar. 

"Penyebabnya saya tak tahu. Kita kan tak bisa masuk ke sana. Tapi kalau di PT. BMS sepertinya yang terbakar itu kapal," tuturnya.  

Kebakaran yang terjadi di galangan kapal milik PT BMS ini terkesan ditutup-tutupi dengan tidak membunyikan suara sirine dari mobil pemadam kabakaran. Pola penanganan kebakaran seperti ini dilakukan agar tidak mengundang perhatian pekerja maupun warga sekitar. 

"Ada mobilnya tadi, cuma tidak ada suara sirine. Tak lama juga dia masuk terus keluar," ujar Agung. 

Sementara salah satu petugas pos Bea Cukai Tanjunguncang, Batuaji yang berada tepat di samping lokasi kebakaran juga mengatakan sempat melihat asap tebal membubung di langit atas galangan kapal Tanjunguncang. 

"Tadi ada asap tebal seperti kebakaran. Ada mobil pemadam juga ke sini," kata dia. 

Editor: Dodo