Jelang MTQ Tingkat Nasional 2016 di Lombok

Peserta Potensial MTQ Nasional Kepri Dilatih Intensif
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 04-04-2016 | 12:20 WIB
ilustrasi.jpg
Jelang MTQ Tingkat Nasional 2016  di Lombok,  peserta potensial MTQ Nasional Kepri dilatih intensif di Quran Center (foto :ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tingkatkan kemampuan Qori dan Qoriah Provinsi Kepri dalam menghadapai MTQ Nasional 2016, Provinsi Kepri memberikan pelatihan dan pembinaan kepada Qori/ Qoriah Nasional potensial Kepri dengan pelatihaan intensif yang dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Nurdin Hasirun di Quran Center Batam, Jumat malam (1/4/2016).

Mereka adalah Qori/Qoriah terbaik yang nantinya akan mewakili Kepri pada ajang MTQ Nasional ke-26 di Lombok NTB pada akhir bulan Juli 2016 mendatang.

Nurdin Basirun yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri yakin, kalau Kepri nantinya bisa mempertahankan juara pada ajang MTQ Nasional. Keyakinannya karena melihat kesiapan yang menurutnya sudah sangat memadai.

Pihaknya juga berjanji akan terus memberikan dukungan lewat penambahan anggaran untuk pembinaan dan pelatihan. Jika saat ini dana pembinaan sebesar Rp1,5 miliar, maka ke depan akan terus ditingkatkan. Alquran kata Nurdinlagi, juga harus terus dicintai.

"Karena inilah kitab suci ummat muslim. Jika saat ini banyak kita tinggalkan, sudah saatnya kita kembali pada Alquran. Dengan demikian ummat muslim akan makin maju," harapnya.

Nurdin juga menyatakan, dengan pelaksanaan pelatihaan secara intensif yang dilaksanakan itu, dirinya tidak akan ragu lagi atas Qori dan Qoriah Provinsi Kepri yang akan merebut kembali juara umum.

"Yang penting kita kompak, giat berlatih dan terus bersama-sama berdoa," kata Nurdin meyakinkan seluruh peserta yang hadir.

Dalam kesepatan itu, kesiapan Qori/Qoriah potensial yang akan tampil, sempat diujicobakan dengan tampil langsung dihadapan Wakil Gubernur, khusnya dalam pembacaan cabang tartil, yang pada kesempatan tersebut dibawakan oleh Juprizan, Qori asal Kabupaten Karimun.

Demikian juga penampilan cabang tahfids Quran 10 juz, yang dibawakan oleh Mudhoriq dan diuji langsung pelatih nasional dihadapan Nurdin Basirun.

Secara umum kesiapan seluruh Qori/Qoriah yang akan tampil pada semua cabang sudah sangat siap. Meski begitu, semua peserta nantinya juga akan diikutkan dalam MTQ tingkat Provinsi Kepri pada tanggal 21 Mei mendatang di Tanjungpinang.

Direktur Quran Center, Mahadi Ramlan berharap target untuk mempertahankan gelar juara umum akan menjadi prioritas. Hanya saja, saingan terberat Kepri dalam MTQ Nasional 2016 nanti diyakini adalah Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten yang harus tetap diwaspadai.

"Namun demikian, dengan pembinaan yang terus kita lakukan selama dua tahun, kita optimis juara umum akan bisa dipertahankan," harapnya.

Dalam pelaksanaan pelatihan, Provinsi Kepri juga menghadirkan sebanyak 15 orang pelatih Nasional yang didatangkan khusus untuk memberikan pelatihan kepada para Qori/ Qoriah potensial Kepri.

Selain dihadiri sejumlah kepala SKPD, pada kesempatan itu juga hadir Kakanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal, Walikota Batam yang diwakili Kadis Pendidikan Muslim Bidin, Ketua LPTQ Kabupaten/ Kota se-Kepri dan undangan lainnya

Editor : Udin