Kantor Pengadilan Agama Batam Tempati Gedung Baru
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 21-03-2016 | 13:54 WIB
pengadilan-agama-batam.jpg
Kantor baru Pengadilan Agama Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Pengadilan Agama (PA) Batam kini mulai menempati gedung baru yang juga terletak di kawasan Sekupang, Senin (21/3/2016).

Kantor baru senilai Rp10 miliar yang dibangun menggunakan anggaran dari Mahkamah Agung berada  tepat di depan kantor Kecamatan Sekupang, atau sebelah kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Mulai hari ini sudah pindah di gedung baru dan menerima gugatan masyarakat, mediasi hingga sidang," ujar Badrianus, Panitera Muda Kemasyarakatan PA Batam, kepada BATAMTODAY.COM.

Gedung yang baru ini, memiliki satu ruang pendaftaran, dua ruang mediasi dan tiga ruang sidang yang berada di lantai dasar, serta ruang tunggu yang berada di gedung yang berlantai dua tersebut.

"Lantai dua itu ruang ketua, hakim, panitera, seketaris dan pegawai yang lain. Khusus yang lantai dasar itu, pelayanan untuk masyarakat yang mengurus perceraian," ujarnya.

Gedung yang dibangun selama dua tahun ini, kini memiliki perbedaan dengan pelayanan di gedung lama yang terletak tepat di belakang Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) Sekupang.

Perbedaan tersebut ditunjukan kepada masyarakat yang hendak membuat pengajuan cerai. Masyarakat terlebih dahulu menuju loket informasi PA. Di sana petugas tidak hanya mengarahkan masyarakat, namun juga memberikan penjelasan singkat kepada pasangan yang hendak cerai atau melakukan mediasi lebih dini.

"SK saya di sini menerima masyarakat dan melakukan mediasi lebih dini atau memberikan penjelasan singkat kepada pasangan agar penceraian tidak terjadi, sebelum dilakukan mediasi oleh bidangnya," pungkas Badrianus.

Editor: Dodo