Lagi, Lahan Kosong di Bukit Timur Tanjunguma Terbakar
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 18-03-2016 | 15:38 WIB
kebakaran-bukit-timur-lahan.jpg
Sejumlah warga bahu membahu memadamkan api yang melalap lahan kosong di kawasan Bukit Timur, Tanjunguma. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran lahan kembali terjadi. Kali ini, lahan kosong yang berada di Bukit Timur RT 5 RW 6 KelurahanTanjunguma, depan DC Mall, nyaris melahap rumah warga, Jumat (18/3/2016) siang.

Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB, yang berasal dari pembakaran sampah yang ada di dekat lokasi, sehingga menjalar ke rumput yang mulai mengering.

Pantauan di lokasi, beruntung warga yang mengetahui kejadian langsung berusaha memadamkan api yang mengarah ke pemukiman, hingga pemadam kebakaran datang untuk melakukan pemadaman.

Hingga pukul 15.00 WIB, sekitar empat unit mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi. Namun angin yang kencang, mengakibatkan api dengan cepat menjalar.

"Asal api dari tong sampah itu, ada yang membakar tadi dengan mengendarai becak motor. Kami tidak tahu siapa orangnya, karena mengenakan helm," ujar Amir Todah, salah satu tokoh masyarakat Bukit Timur, di lokasi.

Menurutnya, selama ini sampah yang dibuang di lokasi tersebut tidak pernah dibakar, karena petugas dari Dinas Kebesihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam rutin mengambil sampah.

"Baru kali ini ada yang membakar sampah itu. Tong sampah besar yang disediakan memang dekat dengan rumput ilalang, sehingga dengan mudah menjalar," tambahnya.

Namun ia bersama masyarakat lain tidak mau berasumsi terlalu jauh apakah pembakaran tersebut memang dilakukan sengaja, karena lahan itu merupakan milik perusahaan.

"Kami tidak mungkin langsung menuduh. Yang jelas, biarkan polisi nanti yang menyelidikinya," tambah Amir.

Hingga pukul 15.15 WIB, api masih terus membakar rumput kering yang ada di lokasi. Petugas pemadam kebakaran bersama warga masih terus melakukan pemadaman.

Editor: Dodo