BP Batam Ikut Pameran Asia Pacific Maritime 2016 di Singapura
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 18-03-2016 | 12:45 WIB
bp-pameran-singapore.jpg
Booth BP Batam di ajang Asia Pacific Maritime (APM) 2016, Singapura. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM - Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai Kawasan Pedagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, ikut serta pada pameran Asia Pacific Maritime (APM) 2016. 

Pameran dan konvensi yang sudah memasuki tahun ke 14 ini digelar pada tanggal 16 - 18 Maret 2016 di Marina Bay Sands Expo and Convention Centre Singapura, yang difokuskan pada tema pembuatan kapal, kapal laut berukuran sedang, dan permasalahan lepas pantai. Dalam hal ini BP Batam bekerjasama dengan Batam Shipyard and Offshore Association.

Pameran APM 2016 dibuka oleh Michelle Lim selaku Managing Director Reed Exibitions. Sebanyak 1.500 perusahaan produk dan jasa internasional dari lebih 60 negara termasuk 18 paviliun negara-negara dan lebih dari 50 tokoh industri yang akan berkumpul dalam satu platform tunggal untuk membeli, menjual, melakukan networking dan memperoleh pengetahuan.

Direktur Pemasaran dan Humas, Purnomo Andiantono menyatakan 2016 ini tahun menantang karena harga minyak yang tadinya sangat jatuh, sudah sedikit demi sedikit naik sampai di level 40 US$ sehingga diharapkan dapat menggairahkan lagi industri perkapalan dan anjungan lepas pantai. 

"Dan jika industri perkapalan bangkit, batam sudah sangat siap karena Batam sudah mempunyai 100an shipyard dengan skill, SDM serta letak yang strategis untuk melayani semua demand yang ada tersebut," kata Purnomo.

Selain itu Anggota 5/Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Fitrah Kamaruddin dalam kunjungannya pada booth Pameran BP Batam tersebut menyatakan, walaupun saat ini industri galangan kapal agak menurun untuk tingkat dunia, namun tidak selamanya harus pasrah dengan penurunan ini. 

"Dengan banyaknya perusahaan serta para pengusaha batam yang hadir dalam pameran ini, merupakan pertanda positif untuk kemajuan industri galangan kapal kedepan," ujar Fitrah.

Editor: Dodo