Insentif RT dan RW di Batam belum Ada Kenaikan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 17-03-2016 | 10:28 WIB
bantuan uang.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun kepemimpinan Wali Kota Batam beralih dari Ahmad Dahlan ke Muhammad Rudi, tak lantas membuat insentif ketua RT dan RW yang diberikan Pemerintah Kota (Pemko) Batam langsung mengalami kenaikan.

Rudi menyampaikan bahwa untuk saat ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam tahun anggaran 2016 sudah berjalan sehingga nilai insentif tersebut belum ada kenaikan. "Masih tetap, APBD sudah berjalan jadi belum ada kenaikan," kata Rudi, Kamis (17/3/2016).

Rudi menjelaskan bahwa dirinya yang baru menjabat dua hari tersebut masih mempelajari beberapa permasalahan yang di Kota Batam yang perlu segera diselesaikan dua diantaranya adalah terkait tenaga honorer dan pencarian asuransi BAJ.

Kemudian, ditambahkan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam, Ardiwinata bahwa saat ini jumlah RT/RW di Batam 3.987 orang, dengan rincian RT 3.215 orang dan RW 772 orang.

"Insentif mereka Rp400 ribu per bulan, pembayaran insentif dilakukan per tiga bulan sekali. Sehingga dalam rentang waktu tersebut RT/RW akan mendapatkan insentif Rp1,2 juta," ujarnya.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi I DPRD Batam, Harmidi Umar Husein berharap kedepan insentif ketua RT dan RW tersebut dapat dinaikan menyusul nanti rencana kebersihan di setiap lingkungan di Kota Batam akan dibebankan kepada Kecamatan dan Kelurahan.

Menurutnya insentif RT/RW masih sangat jauh dari harapan. Pasalnya mereka adalah garda terdepan dari Pemko Batam dalam hal pengaturan masyarakat di lingkungannya.

"Tapi untuk sementara, bisa sabar dulu karena untuk menaikan insentif memang harus dilihat dari APBD," katanya.

Editor: Dodo