Warga Bukit Kemuning Minta Jalan Longsor Segera Diperbaiki
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 07-03-2016 | 17:58 WIB
RDP-Bukit-kemuning.jpg
Sejumlah warga Bukit Kemuning Tanjung Piayu menyapaikan kepada DPRD Batam harapan agar jalan longsor segera diperbaiki oleh Pemko Batam. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Perumahan Bukit Kemuning, Tanjungpiayu mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Batam segera melakukan perbaikan jalan akses utama di Bukit Kemuning yang longsor beberapa waktu lalu.

Ketua RW16 Perumahan Bukit Kemuning, Muhammad Mustofa mengatakan bahwa warga di perumahan tersebut sangat mengharapkan agar jalan menuju rumahnya itu dibangun kembali karena jalan tersebut merupakan jalan akses utama warga.

"Kami datang ke sini karena bentuk kegalauan kami, karena sampai hari ini belum ada kepastian apapun dari Pemko Batam apakah akan dilanjutkan atau memang tidak diperbaiki lagi," kata Muhammad saat Rapat Dengar Pendapat di Komisi III DPRD Batam, Senin (7/3/2016).

Akibat putusnya jalan akses utama tersebut menurutnya, kini warga harus memutar melewati Bida Ayu sehingga menyebabkan kemacetan setiap harinya, maka itu setelah melakukan diskusi bersama warga meminta ada solusi terkait permasalahan tersebut.

Dan informasi dari Lurah setempat jalan Bukit Kemuning itu akan dikerjakan setelah adanya kajian dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam, namun sampai hari ini kajian tersebut tidak kunjung ada hasilnya.

"Informasinya kajian itu butuh waktu lama dari PU, tentu kami sangat berharap ada percepatan karena jalan itu merupakan jalan akses utama warga Bukit Kemuning," katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III DPRD Batam, Djoko Mulyono mengatakan bahwa pada APBD tahun 2016 tidak mungkin bisa dianggarkan untuk perbaikan jalan tersebut karena APBD sendiri sudah disahkan pada akhir tahun 2015 lalu.

"Desember 2015 sudah diketok sedangkan musibah itu terjadi pada bulan Januari, sehingga tidak memungkinkan kalau harus diperbaiki tahun ini," kata Djoko.

Namun, menurutnya pihaknya akan mempertanyakan kepada Pemko Batam apakah bisa menggunakan anggaran darurat atau tidak minimal untuk jalan alternatif sampai nanti pada dianggarakan pada tahun depan.

Editor: Dodo