IIAC Korea dan BP Batam Bahas Implementasi Skema Financial Pengembangan Bandara Hang Nadim
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 05-03-2016 | 10:26 WIB
kunjungan.JPG
IIAC Korea dan BP Batam bahas implementasi skema financial pengembangan Bandara Hang Nadim (Foto : Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah melakukan kunjungan beberapa waktu lalu dan secara serius mengungkapakan ketertarikannya dengan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Incheon International Airport Corporation (IIAC) Korea, kembali melakukan kunjungan ke Batam. Pertemuan kali ini diterima di Ruang Coffee Room, Marketing Centre, BP Batam, Jum’at (4/3/2016).

Kunjungan dihadiri langsung oleh Lee Kwang Soo, Vice President of IIAC, Cho Yongsoo, Director Overseas Business Group of IIAC dan Kim Hadong, Senior Manager Overseas Business Group of IIAC.

Pada pertemuan akhir tahun 2015 lalu, telah dibahas dan dipresentasikan kemungkinan bentuk kerja sama, skema pengoperasian dan rencana pengembangan awal. Kini kunjungannya mengerucut pada pembahasan terkait implementasi skema financial dan beberapa opsi bentuk skema kerjasama yang dapat dilakukan.

Ketertarikan Incheon terhadap Bandara Internasional Hang Nadim Batam, merupakan hasil study yang telah dilakukan melalui Feasibility Study by IIAC. Dimana, Hang Nadim International Airport dengan segala kelebihan yang dimiliki, dinilai merupakan bandara di Indonesia yang memiliki potensi besar dan mampu dikembangkan menjadi Bandara Internasional terbaik di Indonesia sekaliber Bali, sehingga diharapkan mampu berkompetisi dengan bandara terbaik dunia kedepan.

“Saya melihat potensi yang sangat besar pada Hang Nadim Batam, kedepan saya percaya bahwa ini akan menjadi salah satu bandara terbaik”," ungkap Lee Kwang Soo, Vice President of IIAC.

Sementara itu, kunjungan diterima oleh Anggota 2/ Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan, I Wayan Subawa, Anggota 3/ Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha, Istono, Staf Ahli BP Batam, Asroni Harahap,  Kepala Biro Perencanaan Program dan Litbang, Horman Pudinaung, Kepala Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Direktur Promosi dan Humas, Purnomo Andiantono, Kepala Bidang Komersial Bandara hang Nadim, Dendi Gustinanadar dan Kepala Bagian Bina Program, Binsar.

“Pemerintah Pusat Indonesia melalui BP Batam telah membangun Batam sejak 1961, dan salah satu fasilitasnya adalah Bandara Hang Nadim Batam, dan seiring dengan perkembangannya dimana jumlah penumpang semakin meningkat, fasilitas dilengkapi. Tentu saja kita tetap berjalan maju untuk bagaimana membangun fasilitas yang lebih baik. Salah satunya dengan tentu bekerja sama dengan pihak lain," terang Asroni.

Rencana pengembangan proyek perluasan Bandara Hang Nadim akan mengubah Bandara Hang Nadim Batam menjadi good quality airport dan memilki standard internasional yang memadai, agar mampu menjadi bandara internasional terbaik di Indonesia.

Maka dari itu, BP Batam menyambut baik minat dan ketertarikan Incheon International Airport Corporation (IIAC) Korea, sebagai salah satu Airport terbaik di dunia untuk melakukan kerjasama pengembangan Bandara Hang Nadim Batam kedepan.

Editor: Udin