Atasi Sampah di Laut, DKP Batam Butuh Tambahan Personel
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 04-03-2016 | 13:37 WIB
suleman-nababan-baru.jpg
Kepala DKP Kota Batam, Suleman Nababan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam memiliki tugas berat untuk menyelesaikan persoalan sampah. Tidak hanya di darat, sampah laut juga menjadi persoalan untuk diselesaikan.

Kepala DKP Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan bahwa untuk mengatasi sampah di laut pihaknya sudah memiliki satuan tugas khusus yang menangani pengangkutan sampah di pesisir.

"Namun jumlah tenaganya masih kurang," kata Suleman belum lama ini.

Menurutnya, Satgas Pasang Surut yang dibentuk sejak 2013 lalu dan dibagi menjadi tiga tim yang bekerja untuk satu lokasi pesisir, yakni di Tanjunguma Kecamatan Batuampar, Tanjungriau Kecamatan Sekupang, dan Tanjungbuntung Kecamatan Bengkong.

Tim tersebut terdiri dari dua orang yang dibekali satu kapal pengangkut sampah. Tugas satgas ini adalah mengangkut sampah yang berada di laut, khususnya di kawasan pesisir, ke atas kapal. Kemudian membawa sampah ke truk pengangkut yang sudah siap di daratan.

"Jumlah petugas hanya dua orang per tim untuk satu lokasi dan itu memang masih kurang. Terutama di saat musim tertentu yang membawa sampah dari lautan ke pesisir," katanya.

Namun Suleman mengaku tidak mengetahui pasti berapa tonase sampah yang diangkut dari laut. Karena setelah sampai di darat, sampahnya bercampur dengan lokasi lain ketika pengangkutan ke tempat pembuangan akhir.

Editor: Dodo