Usaha Jasa Pengiriman Berpeluang Berkembang di Era MEA
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 03-03-2016 | 11:17 WIB
sekjen-asperindo.jpg
Sekjen Asperindo, Amir Syarifuddin

BATAMTODAY.COM, Batam - Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspess, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) menilai memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah peluang untuk mengembangan usaha bidang jasa pengiriman.

Sekjen Asperindo, Amir Syarifuddin mengatakan bahwa di era MEA yang sudah berjalan saat ini harus dimanfaatkan sebagai peluang bersama bukan malah sebaliknya takut untuk bersaing.

"Karena kita bisa bekerjasama dengan perusahaan asing yang masuk ke Indonesia, tapi dengan catatan aturan harus diperjelas," kata Amir pada acara Muswil V Asperindo Batam di tahun 2016, Rabu (3/3/2016).

Maka itu, ia berharap pemerintah bisa membantu Asperindo, karena pada dasarnya Asperindo katanya juga dibentuk bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian ia juga berharap adanya koordinasi yang baik antara masing-masing departemen Kementerian terkait, karena selama ini menurutnya hal itu belum terlaksana di Kementerian.

"Mitra kerja kita dibawah Kominfo tapi sebenarnya kita lebih banyak berhubungan dengan Kementerian Perhubungan. Karena itulah kita berharap pihak pemerintah juga bisa berkoordinasi yang baik dalam membantu kami," katanya.

Selain itu Asperindo juga memiliki program pendidikan logistik untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertujuan juga membantu menyerap tenaga kerja lokal.

Editor: Dodo