BPBD Kota Batam Data Titik Rawan Longsor
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 24-02-2016 | 16:48 WIB
seraya-rawan-longsor-cek.jpg
Kepala BPBD Kota Batam, Azman Saat meninjau jalan rawan longsor di Seraya. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kota Batam mencatat sedikitnya ada 24 titik rawan longsor di Batam. Salah satu contoh diantaranya adalah jalan protokol di Seraya Atas.

Kepala BPBD Kota Batam, Azman mengatakan bahwa pihaknya berfungsi sebagai koordinator penanggulangan bencana di Batam dan Pemko Batam telah membentuk tim yang terdiri dari berbagai instansi dan SKPD.

"Hal itu kita lakukan agar mudah mengantisipasi potensi bencana. Kita kan baru jadi kita masih berkoordinasi dengan dinas terkait," kata Azman, Rabu (24/2/2016).

Sedangkan untuk jalan di Seraya menurutnya Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan perbaikan karena jalan tersebut merupakan jalan nasional, dan katanya sedang masa pelelangan pekerjaannya.


Namun jelasnya, BPBD saat sudah membuat rambu atau peringatan rawan longsor di jalan tersebut agar masyarakat dan pengguna jalan yang sering dilintasi oleh truk kontainer itu bisa lebih hati-hati demi keselamatan.

"Rambu-rambu sudah kita pasang di sekitar jalan Seraya itu, biar masyarakat tahu dan hati-hati," pesannya.

Dalam waktu dekat sebagai bentuk antisipasi lainnya yaitu dengan membuat buku panduan bencana yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan informasi, terutama bagi pelajar siswa sekolah.

Buku tersebut, nantinya berisi bagaimana sikap yang tepat, jika bencana tiba-tiba datang dan diharapkan bisa bermanfaat, terutama bagi anak-anak yang dirasa Azman, masih sangat waspada.

"Nanti tidak hanya mengenai sikap. Tapi juga bagaimana cara evakuasi. Kalau di Jawa, hal itu sudah diterapkan," jelasnya.

Editor: Dodo