Hutan Dam Mukakuning Terbakar, Petugas Kesulitan Padamkan Api
Oleh : Harun al Rasyid
Selasa | 23-02-2016 | 15:55 WIB
kebakaran-hutan-dam-mk.jpg
Asap kebakaran mengepul dari hutan dekat dam Mukakuning, Petugas kesulitan melakukan pemadaman akibat akses jalan yang sulit. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lantaran tak ada akses jalan membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan menembus hutan Dam Mukakuning yang terbakar pada Selasa (23/2/2016). Hingga pukul 13.30 WIB, petugas masih berusaha mencari jalan agar bisa memadamkan api yang diprediksi sudah melahap areal hutan sekitar 3 hektare. 

Di lokasi terlihat anggota Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam, Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan (Brigdalkarhut) atau Manggala Agni serta petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemko Batam beusaha memadamkan api menggunakan pompa air. 

"Akses jalan ke titik api agak susah. Apinya sudah menjalar jauh ke dalam, selang air tak sampai," kata Kepala Daerah Operasi (KadaOps) Manggala Agni Batam, Budi Susetyo.

Sepengetahuannya, titik awal api berjarak sekitar 200 meter dari akses jalan utama Bukit Daeng, Tembesi, Batuaji. Ia menduga, penyebab kebakaran hutan itu karena kelalaian manusia. 

"Ini pun masih terbakar, bisa saja ini akan terus bertambah. Mungkin karena ada yang bakar sampah atau rokok, ini dilihat dari sumber api yang di pinggir," ujarnya. 

Pihaknya baru mengetahui kebakaran tersebut ketika melakukan patroli. Setelah dicek, lokasi kebakaran tidak terjal hanya saja api sudah menyebar. "Kita tahunya pukul 10.30 WIB,"kata Budi. 

Sementara itu, Kasubdit PBK BP Batam, Slamet Sriyanto mengatakan lantaran kendaraan tak bisa masuk, petugas berinisiatif menggunakan pompa air. Sementara tiga unit mobil pemadam, masing-masing dua milik PBK serta satu milik Damkar tak bisa masuk mendekati lokasi dikarenakan tak ada akses jalan.

"Kita ambil air danau menggunakan pompa air," pungkas Slamet. 

Editor: Dodo