Puluhan Bocah Berburu Angpao di Vihara Harmoni Sagulung
Oleh : Harun al Rasyid
Senin | 08-02-2016 | 16:11 WIB
vihara-harmoni.jpg
Para bocah memadati Vihara Harmoni, Sagulung berharap mendapat angpao di perayaan Imlek 2567 kali ini. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan bocah menyambangi Vihara Harmoni di Kavling Lama, Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung, bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2567, Senin (8/2/2016). 

Bocah-bocah itu memadati pintu masuk vihara sejak pagi tadi dan berharap ada pertunjukan kesenian Barongsay yang biasanya tampil di setiap hari besar warga Tionghoa.

"Nunggu pertunjukan Barongsay, biasanya ada. Tapi ini sudah siang tapi belum juga ada," ujar Jihan, salah satu bocah yang tinggal tak jauh dari Vihara Harmoni. 

Hingga pukul 14.15 WIB, bocah-bocah ini tetap tak mau beranjak pergi walaupun diberitahukan oleh pengurus vihara bahwa tidak ada pertunjukan Barongsay. Wah, rupanya anak-anak kecil itu menanti angpao yang biasa dibagikan saat perayaan Imlek itu. 

"Kalau tak ada Barongsay, kami tunggu angpaonya saja. Biasanya dibagi. Tahun lalu dapat Rp 15 ribu," timpal salah satu bocah dengan senyum polosnya. 

Namun demikian, situasi di Vihara Harmoni terpantau belum ada aktivitas religi. Maklum saja, hari pertama Imlek biasanya digunakan oleh warga Tionghoa yang merayakan untuk bertandang ke rumah sanak kerabat,

Semakin sore, kerumunan di Vihara Harmoni semakin ramai. Tak hanya bocah, sejumlah orang dewasa juga tampak memadati kawasan tersebut.

Beberapa penjual jajanan keliling juga terlihat di lokasi menjajakan dagangannya. Para pedagang itu juga sudah memadati tempat tersebut sejak pagi hari. 

"Lihat anak-anak banyak jadinya sambil jualan. Mungkin saja bisa dapat angpao. Kan lumayan," ucap Suyono, seorang pedagang es campur. 

Editor: Dodo