Waspadai Petir, Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Perairan Kepri
Oleh : Hadli
Senin | 08-02-2016 | 14:46 WIB
petir.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim mengatakan cuaca buruk masih terus akan melanda sejumlah wilayah di Kepri. 

"Angin kencang dan ombak masih tinggi. Jadi, harus diwaspadai," kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu, Senin (8/2/2016). 

Ia merincikan, berdasarkan monitor perkembangan cuaca di Kepri, terdapat daerah-daerah pusat tekanan rendah di sepanjang equator manyebabkan banyak massa udara yang lembab dari daratan Asia mengalir ke daerah tersebut.

Akibatnya, tambah Philip, potensi terbentuknya awan-awan konvektif cukup tinggi termasuk di Kepulauan Riau. Adanya daerah perlambatan kecepatan angin di sekitar Kepulauan Riau juga mengakibatkan massa udara banyak bertumpuk, sehingga mudah membentuk banyak awan. 

"Cuaca esok hari diprakirakan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang yang terkadang disertai petir. Kondisi ini masih kondusif untuk akivitas transportasi darat dan udara," 
terangnya. 

Philip mengimbau, untuk aktivitas kelautan agar lebih berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi, angin kencang serta arus laut yang kuat terutama di wilayah perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas. 

Tinggi gelombang di wilayah itu saat ini mencapai 5 meter. Adapun peristiwa itu terjadi di perairan Natuna. Tinggi ombak di Anambas 4 meter. Disusul tinggi gelombang di Lingga, Tanjungpinang dan Bintan 2 meter. Batam 1,5 meter dan Karimun 1,2 meter. 

Sedangkan kesepatan angin saat ini Batam dan Anambas hingga 40 kilometer per jam. Bintan dan Tanjungpinang dan Lingga mencapai 37 kilomter per jam. Kecepatan angin 35 kilometer per jam terjadi di Karimun dan di Natuna 42 kilometer per jam. ‎

Editor: Dodo