Perencanaan Habiskan Rp33,7 Miliar, Pembangunan Sekolah Banyak Tak Beres
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 05-02-2016 | 16:10 WIB
ricky_indrakri.jpg
Ketua Komisi IV DPRD Batam, Riky Indrakari.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam menghabiskan anggaran sekitar Rp33,7 miliar untuk perencanaan pada tahun anggaran 2015. Tapi anggaran sebanyak itu ternyata tidak semua yang direncanakan dapat deselesaikan dengan baik.

Ketua Komisi IV DPRD Batam, Riky Indrakari mengatakan salah satunya adalah pembangunan beberapa sekolah yang saat ini masih terhenti karena adanya lempar tanggung antara Dinas Tata Kota (Distako) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

"Padahal Pemko Batam menghabiskan Rp33,7 miliar. Tapi kenyataannya banyak Detail Engineering Design (DED) tidak sesuai dengan yang di lapangan," kata Riky, Jumat (5/2/2016).

Riky menjelaskan Pemko Batam harus segera menindaklanjuti nasib pembangunan 13 sekolah negeri yang awalnya dibangun oleh Distako Batam sebelum kemudian dialihkan ke Disdik Kota Batam.

"Ada indikasi saling lempar tanggung jawab, karena urusan DED ada konsekuensiannya kalau diambangkan ini bisa masuk delik hukum karena menghambur-hamburkan uang negara," katanya.

Riky menyampaikan pihaknya sebagai mitra pemerintah sudah mendesak agar Pemko Batam bisa menjelaskan dan melaporanya terkait tindak lanjut pembangunan sekolah tersebut.

"Serah terima harus disampaikan secara tertulis dan bagaimana pola menindaklanjutinya," katanya.

Editor: Dodo