Bahaya Pohon Tumbang Ancam Pengguna Jalan di Sagulung
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 04-02-2016 | 14:21 WIB
IMG_20160201_103358.jpg
Pemko Batam diminta merapikan pohon karena berakibat bagi pengguna jalan (Foto : Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki musim penghujan, salah satu kendala yang dihadapi masyarakat selain banjir adalah bahaya pohon tumbang. Apalagi, keberadaan pohon tersebut berada tepat disamping jalan-jalan protokol.

Pantauan BATAMTODAY.COM di daerah Batuaji dan Sagulung. Konstruksi tanah yang lemah tak sebanding dengan berat pohon, sehingga bisa menyebabkan pohon itu tumbang ke badan jalan. Seperti yang terlihat disepanjang jalan Diponegoro, tepatnya di arah Simpang Base Camp Sagulung menuju Perumahan Paradise. Ranting pohon dengan dedaunan yang rindang, sewaktu-waktu dapat patah ataupun tumbang dan tentunya mengancam pengguna jalan.

Antisipasi bahaya tertimpa pohon saat berkendara maupun masyarakat pejalan kaki, sedini mungkin dicegah guna menghindari korban jiwa. "Takutnya pas lagi jalan atau diatas motor, pohonnya tumbang atau rantingnya yang patah. Bisa berbahaya bagi bagi pengguna jalan," ujar Linda, salah satu pedagang sekitar perumahan Paradise.

Begitu juga yang terlihat di jalan R. Suprapto, beberapa pohon yang berdiri ditengah-tengah pembatas jalan sudah seharusnya dirapikan. Pohon-pohon tersebut dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan bila tidak segera diatasi.

"Kalau malam terus hujan, bahaya lewat jalan ini karena gelap ditutupi pohon. Sebenarnya teduh tapi kalau menimbulkan bahaya, mending di potong saja rantingnya," tutur Fadli seorang pengendara yang sering melewati jalan itu.

Dengan demikian ia meminta Pemerintah merapikan pohon-pohon yang tumbuh dibeberapa ruas jalan itu. Menurutnya, yang harus prioritas untuk dirapikan adalah pohon-pohon yang menjorok ke badan jalan.


Editor : Udin