H-7 Imlek, Penumpang Ferry di PDS Masih Normal
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 01-02-2016 | 11:22 WIB
mudik-imlek-sekupang.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah penumpang ferry di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), terpantau masih normal ada tujuh hari menjelang perayaan tahun baru bagi warga Tionghoa, atau lazim disebut Imlek.

"Masih normal, dan belum ada peningkatan signifikan," kata Asmadi, Penasehat Pelayaran Rakyat, Senin (1/2/2016).

Dia mengatakan jumlah penumpang masih seperti biasa dan pihak operator ferry belum melakukan penambahan armada.

Sementara itu, Syahbandar PDS, Komaruddin, mengaku akan mempercepat jadwal keberangkatan, kapal ferry jika kapasitas memang sudah penuh. "Kalau kapal fery sudah penuh dengan penumpang, kita langsung izinkan kapal berlayar. Artinya di hari besar Imlek jadwal tidak berlaku," katanya.

Komaruddin mengakui, membludaknya jumlah penumpang itu hanya terjadi pada tujuan antar kotaseperti Tanjung Batu, Selatpanjang dan Dumai.

"Kalau Imlek ini, hanya tujuan antar kota yang ramai, karena mereka warga Tionghoa yang akan merayakan Imlek di kampung halamannya. Sehingga ketika perlengkapan sudah siap dan penumpang penuh langsung diberangkatkan," kata dia.

Komaruddin mencontohkan seperti tujuan Tanjung Batu, keberangkatan awal pukul 09.30 WIB. Namun kalau penumpang sudah penuh sebelum jadwal yang ditetapkan kapal sudah bisa berangkat.

"Kita juga cek perlengkapal kapal dan dokumennya. Apabila ada kapten bandel, kita akan koordinasi dengan (Kanpel) Batuampar," pungkasnya.

Editor: Dodo