Batam Waspadai Penyebaran Virus Zika
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 30-01-2016 | 13:21 WIB
Ahmad-Dahlan1.jpg
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam sebagai pintu masuk wistawan asing membuat Pemerintah Kota (Pemko) Batam meningkatkan kewaspadaan akan hadirnya virus Zika yang ditularkan oleh nyamuk.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan sudah memberikan intruksi kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam untuk selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan mengantisipasi wabah virus ini.

"Ini kan virus baru, kemarin sudah saya perintahkan Dinkes untuk berkoordinasi dengan Kemenkes, karena Batam kan memang sebagai pintu masuk wisatawan asing," kata Dahlan, Sabtu (30/1/2016).

Virus Zika adalah sejenis flavivirus, masih satu keluarga dengan demam kuning, chikungunya dan demam berdarah. Hingga saat ini, belum ada vaksin  yang bisa mencegah penyebaran dan obat untuk menyembuhkan virus Zika. 

Zika jadi bahan pembicaraan karena diduga menjadi penyebab mikrosefalus, gangguan saraf yang menyebabkan bayi lahir dengan ukuran kepala lebih kecil dari seharusnya. Kondisi ini menyebabkan gangguan tumbuh kembang dan kadang berujung kematian.

Sejak November lalu, tercatat ada 4.180 kasus mikrosefalus yang terkait dengan Zika di Brasil. Padahal pada 2014, hanya ada 146 kasus dengan 51 kematian. Baca: Lima Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Zika

Virus tersebut menyebar saat nyamuk Aedes menggigit seseorang yang sudah terinfeksi lalu menggigit orang yang lain. Pada kebanyakan orang, gejalanya adalah demam, sakit kepala, ruam dan mata merah.

Editor: Dodo