Peningkatan Arus Penumpang Diprediksi pada H-2 Jelang Imlek
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 29-01-2016 | 16:37 WIB
mudik-imlek-sekupang.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang hari Imlek yang jatuh pada 7 Febuari 2016 mendatang, pelayanan trasportasi laut kapal ferry di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) prediksikan jumlah penumpang membludak pada H-2.

Asmadi, penasehat Pelayaran Rakyat (Pelra) mengatakan seperti pada tahun lalu, jumlah penumpang akan mengalami peningkatan. Namun itu akan terjadi pada H-2, jumlah penumpang diprediksi mencapai 1.500 orang.

"Prediksi kita H-2 itu penumpang mulai padati PDS, seperti tahun lalu. Tapi jumlah penumpang jelang Imlek ini, lebih meningkat dari tahun lalu," kata Asmadi saat dihubungi, Jumat (29/1/2016) siang.

Meningkatnya jumlah penumpang dibanding tahun lalu, lantaran saat ini sudah ada dua kapal ferry yang dibooking oleh calon penumpang dengan kafasitas mencapai 365 tempat duduk.

"Rata-rata mereka warga Tionghoa yang mudik bersma keluarganya melalui PDS. Jumlah penumpang juga prediksi lebih dari 1.500, mengingat sampai saat ini sudah ada dua kapal yang penuh," ujarnya.

Dua kapal yang penuh kata, Asmadi dengan tujuan Selatpanjang dan Dumai. Dalam arus mudik ini katanya hanya ada beberapa tujuan yang akan menungkat jumlah penumpang, seperti Moro, Guntung, Kualajaung, dan Tanjungbalai Karimun.

"Yang lebih mendominasi itu tujuan Balai dan Selatpanjang," tuturnya.

Namun pihaknya tetap menyiagakan 7 kapal untuk mengatisifasi membludaknya jumlah penumpang. Terdiri dari Batam Jet dan Mikonatalia, Dumai Express dan Dumai Line.

"Ada 4 kapal kita siagakan untuk tujuan Dumai dan Selatpanjang. Sampai saat ini persiapan jelang Imlek khusus untuk armada tidak ada kendala," pungkasnya.

Editor: Dodo