Selain Lebihi Kapasitas, Rutan Barelang Juga Minim Ruang Ibadah
Oleh : Harun al Rasyid
Jum'at | 29-01-2016 | 15:34 WIB
masjid-rutan-barelang.jpg
Salah satu fasilitas di rutan berupa masjid. Saat ini belum ada fasilitas ibadah untuk pemeluk agama lainnya. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapasitas di Rumah Titipan Negara (Rutan) Kelas II A Barelang sudah tidak memungkinkan lagi dengan jumlah tahanan dan warga binaan yang ada.

Hingga saat ini, dari 480 jumlah kapasitas rutan yang tersedia, penghuninya malah melonjak menjadi 684 jiwa narapidana. Mirisnya lagi, fasilitas keagamaan untuk beribadah juga minim.

Irhammudin, Kepala Rutan Barelang mengatakan, semakin hari warga binaan di Rutan Barelang terus bertambah namun fasilitas yang ada di dalam rutan tersebut tidak menunjang guna memberikan pembinaan. 

"Saat ini fasilitas penunjang masih kurang, sementara warga binaan semakin hari semakin bertambah," kata Irhammudin, Jumat (30/1/2016). 

Warga binaan yang ada di rutan itu terdiri dari berbagai suku, dan agama seluruh Indonesia. Sedangkan fasilitas ibadah yang ada sekarang baru berupa masjid dan aula. 

Lanjut Irhammudin, bagi warga binaan yang beragama muslim bisa beribadah di Masjid Rutan sementara yang beragama Kristen beribadah di ruang Aula. 

"Warga binaan yang beragama Budha, Hindu dan Konghucu, sampai saat ini tidak memiliki tempat untuk melaksanakan kegiatan keagamaan mereka," tuturnya. 

Irhammudin berharap, keadaan yang memprihatinkan itu bisa ditanggapi oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Sehingga mempermudah warga binaan untuk memperoleh pembinaan secara rohani.

"Kita berharap ada perhatian dari pemerintah agar warga kita ini bisa mendapatkan pembinaan yang layak," harapnya. 

Editor: Dodo