KM Kelud Bersandar, Polisi Periksa Penumpang di Kapal dan Pintu Kedatangan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 27-01-2016 | 13:18 WIB
polisi-razia-pds.jpg
Petugas kepolisian beserta anjing pelacak saat memeriksa barang bawaan penumpang KM Kelud di Pelabuhan Beton, Sekupang. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepolisian gabungan Polda Kepri, Sabhara Polresta Barelang, serta Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) melakukan razia di Pelabuhan Beton Sekupang (PBS) terhadap penumpang KM Kelud yang baru saja bersandar dari Belawan, Medan.

Setidaknya ada 150 anggota gabungan yang langsung memeriksa barang bawaan penumpang. Pemeriksaan tersebut dilakukan khusus bagi para penumpang yang turun dari KM Kelud di dalam kapal maupun di ruang kedatangan dengan menggunakan anjing pelacak K9 Polda Kepri.

"Kita turunkan dua anjing pelacak K9 untuk mendeteksi benda-benda  narkotika bagi barang bawaan penumpang, di pintu kedatangan," ujar Direktur Narkoba Polda Kepri, Kombes Wiyarso, Rabu (27/1/2016).

Tidak hanya pintu kedatangan penumpang, Wiyarso mengaku sudah menempatkan beberapa anggota untuk melakukan deteksi awal di dalam kapal. Baca juga: Kini Jadwal KM Kelud dari Batam Sudah Normal

"Di dalam kapal juga dilakukan pemeriksaan oleh anggota. Guna deteksi awal barang bawaan penumpang. Karena yang biasanya terjadi ketika penumpang tahu ada kegiatan razia. Barang narkotika langsung ditinggalkan di dalam kapal," katanya.

Namun demikian belum ada laporan adanya penangkapan barang narkotika dari tangan para penumpang maupun barang temuan yang ditinggal penumpang. "Kita fokus hanya narkotika saja. Sampai saat ini belum ada laporan," pungkasnya.

Editor: Dodo