Dari 300 Pulau di Sekitar Batam, Baru 35 Persen yang Nikmati Air Bersih
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 27-01-2016 | 12:04 WIB
Air-PDAM.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun Pemerintah Pusat maupun Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Batam sudah membangun beberapa waduk sumber air bersih sejak 2011 lalu, namun masih banyak pulau-pulau di sekitar Batam yang belum menikmati air bersih.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum (PU) Batam, ada 300 lebih pulau yang berada di sekitar Batam. Namun, baru 35 persen yang sudah ditangani dengan membangun waduk maupun melalui jalur pipa bawah laut.

"Batam punya banyak pulau, lebih dari 300 termasuk pulau kecil. Tapi kita baru tangani 35 persen sejak 2011," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Batam, Yumasnur, Rabu (27/1/2016).

Hal itu, karena banyak pulau-pulau yang minim penduduk yang menjadi kendala PU untuk membangun waduk kecil maupun waduk besar di daerah tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Namun meskipun minim penduduk, Yumasnur mengaku tetap akan membangun waduk atau menyalurkan air melalui pipa bawah laut, dari pulau yang sudah menikmati air bersih ke pulau terdekat yang belum mendapatkan suplai.

"Kita tetap membangun waduk yang bisa dialirkan ke pulau yang belum menikmati air bersih. Seperti dari Batam melalui pipah bawah laut ke Pulau Wangkang-Wance-Panjang dan Pulau Akar itu sudah menikmati air besih, melalui sumber air baku dari ATB," katanya.

Meskipun, masih banyak pulau yang belum menikmati sumber air bersih. Yumasnur mengaku dengan cara membangun waduk maupun sumber air pipa di bawah laut cukup membantu masyarakat.

"Tahun ini kita akan bangun waduk dan menyalurkan air bersih melalui pipa bawah laut. Tapi kita masih melakukan kajian ulang," pungkasnya.

Editor: Dodo