Pertama di Indonesia dan Sudah 22 Tahun di Singapura

Indonesia Nongsa Regatta Dapat Dukungan Penuh Pemerintah RI
Oleh : Hadli
Selasa | 26-01-2016 | 19:10 WIB
IMG_20160125_141622.jpg
Kapal-kapal yang akan meramaikan Nongsa Regatta. (Foto : Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seluruh peserta kompotesi perahu layar Indonesia Nongsa Regatta akan tiba di Batam menggunakan perahu layar. Demikian ungkap General Manager Nongsa Point Marina & Resort  Erhard R, mengatakan Rabu (27/1/2016). 


"Satu hari sebelum acara dimulai pada Kamis (28/1/2016) seluruh peserta sudah sampai di sini (Nongsa Poin Marina)," ujarnya saat gelar konfrensi pers kemarin. 

Disampaikannya, peserta yang berasal dari luar ngeri seperti Singapura, Malaysia, Belanda serta Amerika Serikat akan bertolak dari Singapura ke Batam, Indonesia. Karena seluruh peserta dari luar negeri tersebut, tambahnya bertempat di Singapura. 

Menurutnya, agenda pertama yang digelar Indonesia bertaraf internasional dengan tema Indonesia Nongsa Regatta dapat terlaksana. Karena pemerintah sudah mempermudah warga asing masuk ke Indonesia, khususnya pengguna perahu layar.

"Peraturan baru pelayaran kapal pribadi ke Inonesia saat ini dipermudah pemerintah. Acara ini didukung langsung oleh Kementrian Pariwisata RI," kata Erhard R lagi. 

Di tempat yang sama, Prakash Reddy, Ketua Umum Indonesia Nongsa Regatta menuturkan dengan peraturn baru tersebut, pemilik kapal - kapal yang ikut serta dalam perlubaan ini sudah mendapat kemudahan pengurusan izin dari Kementrian Pariwisata. 

"Kapal-kapal yang ikut serta sudah mendapatkan permit 1 bulan. Kami mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Kementerian Pariwisata RI juga akan membuka acara ini langsung pada tanggal 28 Januari," tuturnya. 


Nongsa Poin Marina and Resort mengadakan perlombaan bertaraf internasional dengan tema, "Indonesia Nongsa Regatta". Kompetsi perahu layar yang diikuti sekitar 200 perserta itu akan dimulai sejak, Kamis  (28-31/1/2016).

Ada tiga kate gori kapal yang akan digelar, yakni yachts merupakan kapal layar dengan ukuran besar. Sedangkan untuk dinghy dan kolek kapal layar berukuran kecil dan ringan. 

"Jaraknya cukup mengelilingi perairan sekitar Nongsa. Lebih kurang jarak tempuh dengan rute mengelilingi sepanjang 5 mill. Cara pengitungannya  berdasarkan poin," tutur Prakas. 

Editor: Dardani