Kebocoran Pipa Juga Sering Jadi Penyebab Gangguan Suplai Air ATB
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 26-01-2016 | 14:29 WIB
pipa_atb_bocor.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Corporate Communication Manager ATB, Enriqo Moreno mengatakan, gangguan suplai selain pada jam puncak juga karena kebocoran pipa.  Sehingga petugas ATB terpaksa harus menghentikan sementara suplai air kepada pelanggan agar perbaikan kebocoran segera dapat dilakukan.

Untuk memperbaiki pipa yang bocor, terkadang petugas harus menunggu air surut agar perbaikan dapat dilakukan secara maksimal. "Agar air tersebut surut, tentu saja petugas haru mematikan sementara suplai air yang akan mengalir ke pipa yang bocor tersebut. Atau dengan kata lain, menghentikan sementara aliran air ke wilayah yang menggunakan pipa yang akan diperbaiki itu. ATB sempat beberapa kali menghentikan air sementara karena ada kebocoran pipa transmisi/distribusi yang cukup besar karena terkena excavator (cobelco) proyek pembangunan jalan," ungkap Enriqo, Selasa (26/1/2016).
 
Ia melanjutkan, butuh waktu yang tidak sebentar untuk memperbaiki pipa tersebut sehingga dapat berfungsi seperti sediakala. Apalagi terkadang suplai air tidak seperti listrik. Listrik bila perbaikan gangguan sudah selesai dilakukan, akan langsung menyala seketika itu juga.

Namun air perlu waktu beberapa saat agar suplainya dapat normal kembali. Air butuh jeda untuk mengisi pipa-pipa yang kosong, tanki-tanki yang kosong sehingga akhirnya siap mengalir ke pelanggan.
 
"Oleh karena itu, agar aktivitas sehari-hari tetap nyaman, pelanggan diharapkan menampung air secukupnya saat air mengalir lancar. Bila tidak memungkinkan menampung air di tandon, bisa memanfaatkan ember yang berukuran besar atau bisa juga membuat ground tank," ujarnya.
 
Khusus untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai air total selama lebih dari 24 jam, dapat meminta informasi untuk bantuan suplai air melalui call center ATB di nomor 0778-467111.

Editor: Dodo