Pemko Batam Gelontorkan Rp 221 Miliar Bangun Masjid Agung di Tanjunguncang
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 25-01-2016 | 14:15 WIB
rudi-wawako-(1).jpg
Wakil Wali Kota Batam, Rudi.

BATAMTODAY.COM, Batam – Pemerintah Kota Batam akan menggelontorkan anggaran sekitar Rp 221 miliar untuk pembangunan Masjid Agung II yang direncanakan di bangun sekitar kawasan industri galangan kapal Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji.

Tahap awal, pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2016, Pemko menganggarkan Rp 22 miliar untuk  pematangan lahan, pembangunan pancang dan struktur basement.

Wakil Wali Kota Batam, Rudi mengatakan pembangunan Masjid Agung di daerah Tanjunguncang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan beribadah umat Muslim di sekitar kawasan industri galangan kapal.

"Di Tanjunguncang, banyak kawasan industri galangan kapal yang mayoritas pekerjanya adalah lelaki. Selama ini kesulitan mendapatkan lokasi shalat Jumat. Karena masjid yang ada kapasitasnya tidak besar," kata Rudi, Senin (25/1/2016).

Masjid ini, direncanakan bisa menampung 18 ribu jamaah. Masjid juga akan didisain memiliki tempat parkir yang luas dan bisa menampung 300 sepedah motor dan 300 mobil. Juga untuk wisatawan bisa menampung sampai 100 bus.

Sebelumnya, Asisten II Pemko Batam bidang Ekonomi Pembangunan, Gintoyono Batong menjelaskan kawasan masjid nantinya akan dibangun juga sarana dan prasarana lainnya, seperti LPTQ lengkap dengan mess para murid, Islamic Center, Tablig dan lainnya.
 
Dijelaskannya bahwa desain masjid dibuat mengadopsi gaya masjid di Turki. Namun tak menghilangkan unsur ornamen Melayu. Menara masjid rencananya akan dikombinasikan dengan model Masjid Penyengat di Tanjungpinang.

"Selain itu di kompleks masjid ini rencananya dibangun menara pandang," katanya.

Editor: Dodo