Kinerja Pengawas Sekolah dari Disdik Belum Maksimal
Oleh : Roni Ginting
Senin | 11-01-2016 | 14:30 WIB
Siswa-SD.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengawas Sekolah dari Dinas Pendidikan Kota Batam kinerjanya masih belum efektif karena belum menjalankan fugsinya secara maksimal.

Diungkapkan Diana Triastuti, selaku konsultan pendidikan saat persentase Standart Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan di Komisi IV DPRD Batam bahwa pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan seharusnya melakukan kunjungan ke satu sekolah minimal satu kali dalam sebulan untuk melakukan supervisi dan pembinaan.

"Pengawas harus melakukan kunjungan sekali sebulan melakukan supervisi dan pembinaan selama 3 jam tiap sekolah," kata Diana, Senin (11/1/2016).

Namun di Batam hal tersebut masih belum terpenuhi karena masih ditemui pegawas ke sekolah hanya datang, duduk langsung pergi lagi. "Saat kami bertemu dengan para pengawas dari Disdik malah ada pengawas yang bertanya akan melakukan apa," ujar Diana.

Lanjut Diana, hal itu tentunya berarti kompetensi pengawas Disdik Batam belum baik dan rasio antara jumlah pengawas dan jumlah sekolah belum terpenuhi. "Pengawas kompetensinya belum baik," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam mengatakan bahwa jumlah pengawas saat ini sebanyak 25 orang yang artinya jumlah tersebut masih kurang sehingga belum bisa mendatangi sekolah-sekolah sekali dalam sebulan.

"Jumlah pengawas masih kurang dan akan kita tambah lagi," kata Muslim.

Terkait Pengawas yang saat ini belum menjalankan fungsinya dengan baik dalam melakukan supervisi dan pembinaan di sekolah-sekolah, ia mengatakan akan melakukan peningkatan kompetensi dari pengawas yang ada.

"Kedepan tugas pengawas akan lebih berat. Harus ada peningkatan kompetensi pengawasnya," ujarnya.

Editor: Dodo