Jika Ingin Lulus, Siswa Harus Punya Etika Baik dan Kejujuran Tinggi
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 11-01-2016 | 13:10 WIB
Andi-Agung-disdik.jpg
Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam, Andi Agung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak hanya nilai Ujian Nasional (UN) yang menjadi kunci para siswa untuk lulus sekolah, namun perilaku baik dan kejujuran selama mengikuti proses belajar juga salah satu kuncinya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam, Andi Agung karena kelulusan siswa itu 40 persen berasal dari pengamatan seluruh dewan guru. Sementara 60 persen dari hasil UN.

"Siswa harus punya etika baik dalam mengikuti proses belajar, karena itu salah satu kunci kelulusan," ujar Andi, Senin (11/1/2016).

Bahkan tingkat integritas kejujuran itu penting dijunjukan saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) April 2016 mendatang. "Itu salah satu bahan acuan seluruh dewan guru dalam menyikapi kelulusan para siswa. Berbeda dua tahun yang lalu, dari nasil UN," kata Andi. 

Ia berbangga kepada para siswa di Kepri, khususnya Batam, karena para siswa/siswi masuk 10 besar nominasi integritas kejujuran se-Indonesia. Tidak hanya itu beberapa hari lalu Presiden Joko Widodo, langsung mengundang empat sekolah di Batam yang mempunyai integritas kejujuran tinggi.

"Ada empat sekolah di Batam yang diundang ke Istana Negara, Jakarta yakni Yos Sudarso, SMK Negeri 1 SMK Negeri 2 dan SMK MHS yang mendapatkan penghargaan langsung oleh Presiden," pungkasnya.

Editor: Dodo