Antisipasi Kecelakaan, Truk Trailer Harus Diperiksa Sebelum Beroperasi
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 07-01-2016 | 13:37 WIB
truk-terguling-bp.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kendaraan berat seperti trailer, jika beroperasi semestinya harus mengedepankan pengecekan kelengkapan kendaraan. Apalagi, banyak kecelakaan di jalan raya Batam yang melibatkan truk sehingga menelan korban, seperti yang terjadi Rabu (6/1/2015) malam.

Kanit Laka Lantas Polresta Barelang, Iptu Arman, mengatakan, semestinya kendaraan berat yang beroperasi, seharusnya tidak lalai, dan harus memeriksa kendaraannya.

"Seperti kecelakaan semalam, trailer tidak dilengkapi lampu sen dan penerangan, sehingga pengendara lain tidak mengetahui trailer ini akan melaju kemana," ungkap Arman, Kamis (7/1/2016) siang.

Karena itu, ia mengimbau pada perusahaan yang menggunakan kendaraan berat, jika beroperasi apalagi malam hari, harus memiliki penerangan yang jelas serta lampu sign harus betul-betul aktif.

"Selain itu, sebelum beroperasi, juga harus memeriksa kendaraannya, sehingga saat digunakan memang dalam kondisi yang layak," tegasnya.

Sebelumnya, kecelakaan maut kembali terjadi di jalanan Batam. Kali ini, seorang pengendara sepeda motor tewas setelah menabrak ekor trailer yang menggandeng kontainer di simpang Bea dan Cukai di Batuampar, Rabu (6/1/2016) malam, sekitar pukul 23.50 WIB.


Kejadian tersebut berawal saat trailer yang dikemudikan Jhonny Hutagaol (30), ingin berbelok ke arah kantor Bea dan Cukai. Sementara Wira Wirawan (21), pengendara Yamaha Byson merah bernomor polisi BP 5318 OG melaju di belakang truk bersama rekannya, Budianto Setiawan (22) yang juga mengendarai Yamaha Byson warna putih BP 4882 OC.

Namun belum diketahui pasti penyebabnya, tiba-tiba Wira menabrak bagian belakang sebelah kanan kontainer yang digandeng truk tersebut dan tubuhnya masuk ke dalam kolong truk sehingga terlindas.

Sementara Budianto juga tidak bisa mengelak dan akhirnya ikut terjatuh dari sepeda motornya setelah menabrak sepeda motor milik Wira. "Kedua pengendara motor ini melaju kencang. Kita belum mengetahui pasti apa penyebabnya. Sekarang kita masih melakukan penyelidikan. Sopir truk juga sudah diamankan," ungkap Kanit Laka Lantas Polresta Barelang, Iptu Arman, Kamis (7/1/2016).

Editor: Dodo