Longsor Susulan Bikin Khawatir Warga Perumahan Nusa Indah
Oleh : Harun al Rasyid
Senin | 04-01-2016 | 13:08 WIB
longsor-seibedul1.jpg
Sejumlah rumah warga Perumahan Bukit Kemuning dikosongkan untuk mengantisipasi longsor susulan. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Longsor susulan yang terjadi Minggu (3/1/2015) malam sekitar pukul 23.00 WIB, memunculkan rasa khawatir bago warga Perumahan Nusa Indah, Mangsang, Seibeduk.

"Tadi malam masih getar tanahnya. Pas tengah malam juga masih ada suara gemuruh. Takutnya malah tambah besar lagi longsornya," kata Wati saat ditemui pewarta di tenda pengungsian yang berada di fasum Perumahan Nusa Indah, Senin (4/1/2015). 

Akibat longsor susulan ini, 23 rumah warga lainya ikut dievakuasi. Masing-masing penghuni rumah Blok C1, C2 dan D7 diungsikan ke rumah warga dan tenda pengungsian untuk mencegah jatuhnya korban jiwa. Baca: Ini Data Terbaru dari Bencana Tanah Longsor di Bukit Kemuning

Sementara itu, Linda, salah satu warga yang dievakuasi memilih pindah ke rumah saudaranya di Batuaji. "Pindah saja biar aman. Rumah saya dekat dengan tebing longsor itu. Kalau merambat ke sini, bisa kena nanti," ujarnya. 

Kekhawatiran ini timbul lantaran letak perumahan yang berada tepat di bawah Bukit Kemuning tersebut. Imbas dari longsor susulan tersebut, 4 rumah warga jebol dan tertimbun tanah. Masing-masing rumah Blok D4 No 5, dan D3 No 1, 2 dan 3 rusak parah. 

"Longsor pertama cuma 4 rumah. Tadi malam kena lagi deretan rumah D4 No 1 sampai 4 jadinya 4 rumah lagi rusak berat. Yang lainnya udah retak-retak akibat dorongan tanah longsor," jelas Soni Irmen, Ketua RT 001/RW 22. 

Editor: Dodo