Liburan Berakhir, Penumpang Masih Padati Pelabuhan Domestik Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 04-01-2016 | 11:11 WIB
penumpang-pds.jpg
Para penumpang berdesakan di dermaga Pelabuhan Domestik Sekupang. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun liburan usai, namun di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) tetap ramai para penumpang. Hal ini imbas dari melonjaknya jumlah penumpang pada hari Minggu (03/01/2016) kemarin sehingga Syahbandar PDS terpaksa tidak memberangkatkan beberapa kapal lantaran sudah habis jam operasional.

"Kemarin saya tak jadi berangkat ke Guntung, karena sudah malam. Petugas juga tidak izinkan kapal berangkat. Terpaksa hari ini saya bolos kerja," ujar Neli, penumpang tujuan Guntung, Riau kepada BATAMTODAY.COM, Senin (04/01/2016) pagi. 

Arus keberangkatan padat tersebut baik antar provinsi maupun kota dari berbagai jurusan. Dari ruang tunggu hingga dermaga keberangkatan tampak dipenuhi oleh calon penumpang.

Desak-desakan pun tidak bisa dihindari, lantaran para penumpang takut tidak kebagian tiket sehingga tidak berangkat seperti kemarin.

"Takut tak jadi berangkat lagi mas. Cukup hari ini saja tidak bekerja, anak-anak juga terpaksa bolos sekolah," kata penumpang Tanjungbalai Karimun, Hengki di dermaga PDS. 

Petugas syahbandar juga sedikit kewalahan dan melakukan pengecekan penumpang secara ketat. Setiap kapal masuk dan menyandar di dermaga petugas syahbadar langsung berdiri didepan pintu kapal ferry yang hendak berangkat.

Hal itu dilakukan, kata Kepala Syahbandar PDS, Komaruddin untuk menilimalisir penumpang tanpa tiket dan melebihi kapasitas.

"Kita langsung jaga pintu masuk kapal ferry yang mau berangkat, sambil kita arahkan penumpang untuk menunjukan tiket. Setelah semua sudah selesai baru kita mengecek ke dalam kapal untuk kapasitas penumpang," kata Komaruddin.

Disinggung berapa jumlah penumpang yang berangkat kemarin dan hari ini, kata Komaruddin, pihaknya belum enghitung jumlah penumpang yang meningggalkan Batam.

"Nanti sore saya berikan data penumpang. Tapi yang jelas kemarin puncak arus balik para penumpang ke daerah masing-masing," pungkasnya.

Editor: Dodo