Jalan di Piayu dan Seraya Batam Terancam Longsor
Oleh : Ahmad Rohmadi
Minggu | 03-01-2016 | 15:34 WIB
IMG_20160103_133012.jpg
Walikota Ahmad Dahlan meninjau langsung Jalan di Seraya yang longsor di Batam. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaran awal 2016 di Batam diisi bencana alam. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan beberapa titik perumahan kerap menjadi langganan banjir saat hujan lebat turun.

Tidak hanya banjir, beberapa jalan juga terancam longsor dibawa derasnya air, bahkan jalan di Bukit Kemuning Tanjung Piayu sudah putus total paska hujan yang mengguyur Kota Batam tadi malam.

Selain Bukit Kemuning, jalan raya dari Batu Ampar kearah Kampung Seraya, atau tepatnya didepan Hotel King Seraya juga terancam longsong karena letak jalannya yang berada diatas bukit.

Kendati longsor belum terjadi di jalan tersebut, namun jalan sudah terlihat retak bahkan tanah yang berada di pinggir jalan sudah terbawa air kebawah karena akar pohon yang tidak mampu menahan.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengaku akan segera memperintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar segera berkoordinasi dengan Kementrian PU untuk melakukan upaya pencegahan. "Karena ini kan jalan nasional, anggarannya dari APBN, mungkin juga nanti melalui BP Batam," kata Dahlan, Minggu (3/12/2015).

Kemudian, ia  katakan pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan Kepolisian Lalu Lintas, agar bisa mengalihkan kendaraan alat berat supaya tidak melintas di jalan tersebut.

Sementara itu, terkait bencana di Tanjung Piayu Pemko Batam akan menggunakan anggaran darurat APBD 2016 untuk memberikan bantuan kepada koban longsor.

Editor: Dardani