Kapal Terbelah Dua, Tiga ABK belum Ditemukan

Pengangkatan Bangkai MT Thorco dari Dasar Laut akan Dilelang
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 02-01-2016 | 15:03 WIB
gajah-jadi1.jpg
Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Gajah Rooseno (foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Insiden kecelakaan lalu lintas laut yang menimpa MT Thorco Cloud C2FU6 hingga tenggelam pasca ditabrak tanker MV Stolt Commitment beberapa waktu lalu, mengakibatkan kapal kargo tersebut terbelah menjadi dua bagian di kedalaman 60 meter di bawah permukaan laut.

"Sekarang posisi kapal masih di perairan internasional. Tapi sudah terbelah dua," ujar Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Gajah Rooseno, saat dihubungi, Sabtu (02/1/2016) pukul 13.00 Wib.

Bahkan, tiga anak buah kapal (ABK) MT Thorco Cloud C2FU6, tak kunjung muncul di lokasi kejadian. "Kita masih mengawal kapal yang tenggelam tersebut, sampai saat ini 3 ABK belum ditemukan di lokasi kejadian ataupun di piggir laut. Walaupun penyisiran sudah dilakukan," kata Rooseno.

Menurut Rooseno, pihaknya dan agen kapal masih mempelajari lokasi tengelamnya Thorco Cloud C2FU6 yang berada di jalur internasional tersebut. Akibat banyaknya pipa dan kabel didasar laut, membuat intansi terkait kesulitan mengangkut bangkai kapal yang sudah menjadi dua bagian tersebut.

"Informasinya dalam waktu dekat, pengangkatan bangkai kapal akan dilelang. Mengingat tengelamnya kapal sangat mengganggu arus lalu lintas laut," pungkasnya. Baca: Ini Daftar Nama ABK MT Thorco Cloud V2FU6 yang Meninggal

Editor: Udin