Akhir Desember 2015 Bundaran Tuah Madani Dibuka
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 26-12-2015 | 12:35 WIB
bundaran-tuah-madani-fix.jpg
Bundaran Tuah Madani di Batam Center yang telah selesai pembangunannya. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah 90 persen pengerjaan bundaran Tuah Madani Batam Center. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam menargetkan akhir Desember 2015 pekerjaan bundaran yang biasa disebut simpang Regata itu akan dibuka.

"Akhir Desember, kita harapkan jalan bundaran Tuah Madani sudah dibuka dan bisa dilalui," kata Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan DKP, Irwan Saputra saat dihubungi, Sabtu (26/12/2015).

Irwan menambahkan, saat ini pemenang proyek tender bundaran Tuah Mahdani, PT Kreasi Abadi dalam tahap finishing akhir pengecetan dan perbaikan. "Dari pemenang tender belum melakukan serah terima ke DKP Batam. Kemungkinan sebelum tahun baru," kata Irwan.

Seperti diketahui, Bundaran Tuah Madani yang menghubungkan Batam Center, Seipanas dan Nagoya itu adalah tugu yang melambangkan bentuk Batam serta kepulauan di Kepri. 

"Kolam air mancur dan tugu itu diharapkan dapat menjadi salah satu simbol indahnya kota industri ini dan menjadi kebanggaan masyarakat Batam," katanya.

Selain kolam air pancur dan tugu, sebuah peta Kota Batam yang dipasang melingkar layaknya tabung juga akan menghiasi bundaran yang mengarah ke pusat pemerintah Pemko, BP Batam dan beberapa perkantoran itu.

"Ada 12 Kecamatan dipasang melingkar yang terbuat dari bahan kuningan, sementara tugu berada di tengah kolam yang dihiasi dengan lima titik air mancur," tuturnya

Irwan menjelaskan segi lima  yang dibentuk air pancur melambangkan keberagaman masyarakat Kota Batam. Bentuk bintang menggambarkan visi Batam menuju Bandar Dunia Madani.

"Sementara air pancur melambangkan bahwa air sebagai sumber kehidupan hal itu juga menggambarkan bahwa masyarakat Batam yang kecil namun kaya dengan beragam suku," pungkasnya.

Editor: Dardani