Rem Blong, Metrotrans Nyemplung ke Parit di Batuaji
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 24-12-2015 | 15:11 WIB
metrotrans-nyemplung-parit.jpg
Kondisi Metrotrans milik Herman yang remnya blong dan nyemplung di parit Batuaji. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Akibat rem blong, sebuah mobil Metrotrans warna hijau terjun bebas ke parit depan bengkel Sewu Motor, Kompleks Ruko King Plaza Senawangi, Kibing, Batuaji pada Kamis (24/12/2015) sekitar pukul 11.30 WIB.

Herman (65) pemilik mobil nahas ini hanya tertunduk lesu melihat kendaraan kesayangannya mencium dasar parit. Ia bermaksud memperbaiki rem mobilnya di bengkel Sewu Motor. Rem mobil tersebut sudah rusak dan dititipkanya sejak satu bulan yang lalu. 

"Tadinya mau saya perbaiki. Pas mundur over gigi, malah kecemplung ke dalam parit," kata Herman. 

Beruntung, tidak ada luka serius di tubuh Herman saat Metrotrans trayek kawasan Batamindo Mukakuning itu jatuh. Namun, pria yang tinggal di Seipancur, Piayu, Sei Beduk ini mengaku syok dengan kejadian ini. Angkot tersebut menjadi sumber penghidupan lelaki yang ditinggal istri dan hidup sebatang kara di Batam ini.  

"Sempat stres itu harta saya untuk cari nafkah. Tapi, sudah terjadi mau bagaimana, yang penting tak ada luka dan tidak ada korban," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Wandi, mekanik bengkel Sewu Motor menjelaskan, awalnya ia disuruh Herman untuk memperbaiki rem pada mobilnya. Saat dicoba, ternyata rem mobil bernopol BP 1566 DU ini sudah tak berfungsi selayaknya alias blong. 

"Saya sempat coba sampai isi minyak rem 2 botol tapi tetep aja blong. Jadi saya bilang ke dia (Herman, red), saya tak sanggup perbaiki, remnya tetap blong," terang Wandi. 

Selang beberapa menit kemudian, Wandi masuk kedalam bengkel. Ketika itu ia mendengar suara benturan keras. Saat dilihat ke luar, mobil itu sudah jatuh ke dalam drainase depan bengkel. 

"Rupanya bapak itu naik mau pindahin. Pas mundur ternyata malah jatuh ke got," ujarnya 

Hingga pukul 14.00 WIB, mobil tersebut masih berada di dalam parit dan belum dievakuasi. Sementara itu datang beberapa kerabatnya mencoba mencari solusi memindahkan mobil nahas itu. 

Editor: Dodo