Puskesmas Batam Tolak Pengadaan Buku Kesehatan yang Sudah Dianggarkan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 21-12-2015 | 14:24 WIB
IMG_20151221_110549.jpg
Meski telah dianggarkan, Seluruh Puskesmas di Batam menolak pengadaan buku Kesehatan dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi IV DPRD Kota Batam. (Foto : Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun sudah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015 sebesar Rp195 juta untuk pengadaan buku perpustakaan Puskesmas bagi masyarakat, ternyata tidak berjalan. Sebab seluruh Puskesmas yang ada di Batam menyatakan ketidak-siapannya untuk menjalankan pengadaan buku perpustakaan Puskesmas tersebut.

"Kami belum siap untuk buku itu, mungkin yang dibutuhkan saat ini lebih seperti komputer atau alat kesehatan lainnya," kata Kepala Puskesmas Sungai Panas, Dr. Anggraini kepada anggota Komisi IV, Senin (21/12/2015).

Tidak hanya dari Puskesmas Sungai Panas saja yang menolak, 13 Puskesmas lainnya-pun juga mengatakan hal yang sama, dengan alasan belum tersedianya tempat dan Puskesmas lebih fokus untuk mempersiapkan pelayanan kesehatan 24 jam pada tahun 2016 mendatang.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Batam, Yunus mengatakan rasa kekecewaannya. Sebab menurutnya buku tersebut sangatlah penting untuk menambah ilmu pengetahuan bagi pasien.

"Kalau bagi saya itu sangat penting, karena ada 95 judul tentang kesehatan. Sambil menunggu, pasien bisa sambil membaca itu," kata Yunus.

Dia mengakui, penganggaran buku perpustakaan Puskesmas tersebut memang inisiatif dari anggota Komisi IV. Namun jika memang Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Batam menolak, seharusnya disampaikan dari awal, bukan ketika sudah dianggarkan.

Karena itu, anggaran di Dinas Kesehatan dipastikannya akan menjadi Silpa karena tidak digunakannya anggaran pengadaan buku perpustakaan Puskesmas tersebut.

"Ya jelas jadi silpa, karena tidak bisa dialihkan," katanya mengakhiri.

Editor: udin