Kesadaran Minim, Sampah Berserakan di Ruas Jalan Kampung Belian
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 19-12-2015 | 11:26 WIB
sampah-kampungbbelian.jpg
Sampah berserakan di jalan menuju Kampung Tua Belian Batam Center.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kesadaran masyarakat Batam akan kebersihan ternyata sangat minim, buktinya beberapa tempat pembuangan sementara, sampah berserakan meskipun Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam sudah menyediakan bak sampah.

Salah satunya, di jalan menuju Kampung Tua Belian Batam Center, sampah berserekan padahal bak sampah yang disediakan pemerintah masih kosong dan belum terisi penuh.

Akibatnya, pemandangan sampah dan bau menyengat pun menghiasi jalanan yang berjarak 200 meter dari kantor pusat pemerintahan Kota Batam.

Supriyanti, salah satu ibu rumah tangga yang tinggal di Kampung Tua Belian mengaku kesehariannya memang sering membuang sampah di pembuangan sampah pinggir jalan yang baru selesai diaspal tersebut.

"Iya setiap hari di sini, kadang di bak yang kadang langsung aja buang di bawah kalau baknya penuh," katanya saat ditemui saat mau membuang sampah, Sabtu (19/12/2015)

Ibu dua anak itu menjelaskan banyaknya sampah yang berserakan di bawah karena memang menurutnya jumlah masyarakat yang membuang sampah tidak sebanding dengan bak yang disediakan DKP.

"Jadi ya seperti ini, banyak warga yang langsung lempar aja sembarangan," jelasnya.

Selain itu kejadian yang sama juga sering terlihat di pembuangan sampah simpang empat Legenda Malaka, meskipun ada petugas DKP yang berjaga siang hari, ternyata juga sering kualahan menyadarkan masyarkat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Editor: Dodo