Rudi Yakin Kota Batam Sudah Siap Hadapi MEA 2016
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 18-12-2015 | 16:46 WIB
rudi-wawako-(1).jpg
Rudi, Wakil Wali Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Rudi, Wakil Wali Kota Batam mengatakan bahwa Batam sudah siap dalam menghadapi era liberalisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2016.

"MEA datang kita sudah siap karena kita ini sudah kawasan perdagangan bebas, jadi bukan hal yang asing lagi," kata Rudi usai rapat paripurna istimewa Hari Jadi Kota Batam ke 186 di kantor DPRD, Jumat (17/12/2015).

Meskipun begitu, Wali Kota Batam terpilih berdasarkan hasil rapat pleno KPU Batam tersebut menekankan ada dua hal yang terus dibenahi yakni pelatihan pekerja dan pemberian modal usaha kepada UKM.

"Persiapan telah terealisasi, paling hanya beberapa item lagi yang sedang dilakukan," kata Rudi.

Diketahui bahwa MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dalam artian adanya sistim perdagangan bebas antara negara-negara Asia Tenggara. 

MEA akan membentuk ASEAN sebagai pasar dan basis produksi tunggal membuat ASEAN lebih dinamis dan kompetitif dengan mekanisme dan langkah-langkah untuk memperkuat pelaksanaan baru yang ada inisiatif ekonomi, mempercepat integrasi regional di sektor-sektor prioritas. Memfasilitasi pergerakan bisnis, tenaga kerja terampil dan bakat dan memperkuat kelembagaan mekanisme ASEAN.

Editor: Dodo