186 Tahun Batam, Songsong MEA, Siapkan Infrastruktur, Regulasi dan SDM
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 18-12-2015 | 12:13 WIB
paripurna-186.jpg
Pemotongan nasi besar oleh Wali Kota Batam yang diserahkan kepada perwakilan Pejabat Gubernur Kepri dan Ketua DPRD Batam. (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peringatan Hari Jadi Batam ke-186 diperingati dengan rapat paripurna istimewa DPRD Kota Batam, Jumat (18/12/2015). Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan peringatan ini menjadi momentum untuk memberikan apresiasi kepada para pendahulu.

"Tingginya semangat juang yang ditunjukkan pendahulu kita harus terus ditanamkan dan pupuk. Tingkatkan kembali semangat dan jiwa kepemilikan terhadap kota Batam. Tekad bersama terwujudnya kota Batam sebagai bandar madani yang modern," kata Dahlan.

Untuk itu, diharapkan seluruh komponen masyarakat sama-sama memelihara dan meningkatkan apa yang telah dicapai selama ini. "Seluruh komponen masyarakat Batam bersatu padu membangun daerah Batam," harapnya.

Lanjutnya, di awal tahun 2016 akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean sehingga dibutuhkan komitmen kuat untuk menyatukan langkah dan pikiran.

"Inti era globalisasi adalah Infrastuktur, regulasi dan penyiapan SDM yang harus siap bersaing dengan negara tetangga kita," tutupnya.

Sementara, Penjabat Gubernur Kepri yang diwakili Staf Ahli Sosial Kemasyarakatan dan SDM, Ahmad Husein, mengatakan, Hari Jadi Batam sebagai momen refleksi. Ada beberapa hal yang jadi perhatian bersama yakni paska Pilkada serentak hendaknya semua pihak menjaga keamanan, ketertiban dan menerima hasilnya.

"Kemudian harus siap menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean," kata Ahmad.

Kemudian mengenai isu ketenagakerjaan agar disikapi dengan arif menjaga kondisi kondusif termasuk tentang penentuan upah buruh yang diterapkan sesuai dengan PP nomor 78 tahun 2015.

Agenda Nawacita hendaknya sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Penyelenggaraan pelayanan publik, pemerintah melaksanakan pelayanan mudah untuk diakses masyarakat menjawab kebutuhan.

"Perbaikan secara berkelanjutan. Ajak semua bangun kota Batam," ujarnya.

Selepas itu, acara diakhiri dengan pemotongan nasi besar oleh Wali Kota Batam yang diserahkan kepada perwakilan Pejabat Gubernur Kepri dan Ketua DPRD Batam.

Editor: Dodo