Hunian Mewah Tak Jamin Kenyamanan dan Keamanan Penghuninya
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 17-12-2015 | 15:58 WIB
kapolresta-asep-baru.jpg
Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Asep Safrudin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Hunian mewah yang dilengkapi CCTv dan dijaga ketat petugas keamanan, belum tentu bisa maksimal menjaga keamanan dan kenyawanan. Dengan kata lain, keamanan dan kenyawanan harus didatangkan dari diri sendiri dengan meningkatkan kewaspadaan.

"Kepolisian memang bertugas memberantas tindak kriminal, namun diperlukan kesadaran dari diri sendiri untuk menjaga keamanan rumah maupun lingkungan sekitar," kata Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Asep Safrudin, Kamis (17/12/2015).

Seperti beberapa waktu lalu, rumah mewah di kawasan Villa Panbil yang dilengkapi penjagaan petugas keamanan super ketat, masih bisa dibobol maling. Alhasil, uang sekitar setengah miliar raib dibawa kabur.

Dugaan sementara, yang melakukan aksi tersebut merupakan orang dalam yang mengetahui situasi dan sistem keamanan yang ada, sehingga bisa melakukan aksinya. Namun keterangan lebih rinci belum didapat.

Asep mengatakan, pihaknya maaih melakukan pengejaran terhadap pelaku. Saksi maupun CCtv yang ada di lokasi juga sudah diperiksa.

Selain di Villa Panbil, juga terjadi perampokan di salah satu rumah di Beverly Avenue Nomor 18, RT02/RW28, Batam Center, Minggu (2/8/2015) lalu. Tidak ada korban jiwa, namun pelaku berhasil membawa kabur uang dan barang berharga lain milik korban dengan total Rp 120 juta.

Untuk pengamanan yang dilakukan sekuriti, tidak jauh beda dengan Villa Panbil. Setiap tamu yang datang, harus menitipkan identitas di pos sekuriti, namun mereka masih bisa membobol dan hingga kini belum terungkap, serta masih banyak kasus-kasus lain yang terjadi di perumahan mewah.

Editor: Dardani