Siap-siap ke TPS Bawa Payung, BMKG Prediksikan Kepri Diguyur Hujan Saat Pilkada
Oleh : Hadli
Selasa | 08-12-2015 | 15:28 WIB
hujan_lebat.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memprediksi gelaran Pilkada pada Rabu, 9 Desember 2015 besok akan diwarnai dengan hujan ringan dan sedang yang disertai petir.

"Cuaca esok hari diprakirakan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang yang terkadang disertai petir," kata Kepala Kantor BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu melalui Prakirawan On Duty Asri Pratiwi, Selasa (8/12/2015). 

Menurutnya, cuaca untuk wilayah Batam, Bintan dan Tanjungpinang, Lingga, Natuna dan Anambas berawan disertai hujan pada siang hari, sedangkan cuaca pada pagi dan malam hari terjadi berawan. Untuk Karimun diprediksikan berawan dari pagi hingga malam hari. 

Kondisi ini, tambahnya disebabkan danya daerah angin lemah dengan arah bervariasi (netral) di wilayah Kepulauan Riau mengakibatkan terjadinya perlambatan massa udara dan bervariasinya arah angin. 

"Juga disertai kandungan uap air di udara yang cukup banyak, maka mendukung proses terbentuknya awan-awan konvektif dan hujan," terangnya. 

Pada saat selesai penghitungan suara di tiap - tiap TPS, kotak suara akan dibawa petugs ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Jarak tempuh pengangkutan logistik kotak suara di Kepri sebagian menggunakan tranportasi laut. 

Kantor BMKG Hang Nadim Batam memprediksikan tinggi gelombang perairan Batam, Karimun dan Lingga setinggi  0,2 meter sampai dengan 0,8 meter. Bintan dan Tanjungpinang 0,2 sampai 1,5 meter. Natuna 0,2 sampai dengan 3 meter sedangkan Anambas 0,2 sampai 2,5 meter. 

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara, namun untuk aktivitas laut diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang yang cukup tinggi di Perairan Natuna dan Anambas," jelasnya.

Editor: Dodo