Pelaku Kejahatan Hipnotis Beraksi Lagi di Batuaji
Oleh : Harun Al Rasyid
Selasa | 08-12-2015 | 09:57 WIB
ilustrasi_penipuan_hipnotis.jpg
Ilustrasi kejahatan hiptonis. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaku kejahatan yang menggunakan teknik hipnotis kembali melancarkan aksinya. Kali ini terjadi di Pasar Aviari, Kecamatan Batuaji, dan menimpa Larahili (62), seorang nelayan dari Sembulang Kecamatan Galang, Senin (7/12/2015). 


Mulanya, ia hendak berbelanja di pasar Aviari. Saat turun dari kendaraan, tiba-tiba bahunya ditepuk dari belakang oleh orang yang tak dikenalnya. Sejurus kemudian terjadi percakapan akrab diantara mereka. "Dia tanya nama, alamat, sekarang tinggal di mana," kata Larahili. 

Ketika itu, kata Larahili, pengaruh dihipnotis ia merasa berkurang tingkat kesadaranya. Bahkan dibawah pengaruh hipnotis tersebut, ia merasakan seperti anak kandungnya sendiri. 

Pelaku kemudian menyodorkan batu akik berwarna merah yang sudah ia persiapkan. Korban diiming-imingi membeli batu tersebut tanpa mematok harga terlebih dahulu.  "Dia bilang katanya berlian dan saya orang pertama yang ditawarinya," ujarnya. 

Karena korban mengaku tidak membawa uang lebih, pelaku membujuk korban untuk menggadaikan sepeda motor miliknya. Korban pun mau begitu saja menuruti permintaan pelaku dengan terlebih dahulu mengambil BPKB motor di Skupang. 

"Kami ke Skupang ambil surat-surat kendaraan (BPKB) di tempat anak saya. Habis itu saya dibonceng keluar masuk gang jadi saya bingung gak tahu di mana,"keluhnya. 

Hingga akhirnya, pelaku menjual motor korban senilai Rp5 juta tanpa memberikan sepersen pun kepada korban. Tidak sampai di sini, pelaku sempat mengantar korban ke salah satu masjid di Tembesi Sagulung. Pelaku berdalih, untuk menggunakan batu tersebut, dirinya harus bersih dan dekat kepada Tuhan. 

"Usai shalat dia sudah gak ada. Di situ saya baru sadar, saya kena tipu orang," sesalnya.

Editor: Dardani