Ada Gangguan di PLTU Tanjung Kasam, PLN Batam Lakukan Pemadaman Bergilir Dua Hari
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 03-12-2015 | 12:43 WIB
rudi-antono.jpg
Corporate Communication bright PLN Batam, Rudi Antono.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bright PLN Batam akan melakukan pemadaman bergilir selama dua hari, Jumat hingga Sabtu (4-5/12/2015), menyusul adanya gangguan berupa kebocoran pipa bertekanan tinggi pada boiler di unit 2 PLTU Tanjung Kasam.

Corporate Communication bright PLN Batam, Rudi Antono menjelaskan gangguan ini berdampak terjadinya defisit daya yang kurang lebih mencapai 30-35 MW yang mengakibatkan terjadinya pemadaman kepada pelanggan secara bergantian dengan durasi ± 3 jam per periode per pelanggan. 

"Gangguan tersebut merupakan gangguan vital yang memerlukan tindakan preventif dan harus segera diperbaiki mengingat PLTU Tanjung Kasam merupakan backbone sistem di Batam sementara ini, takutnya jika dibiarkan akan terjadi black out (padam total) nantinya," kata Rudi, Kamis (3/12/2015)

Perbaikan kerusakan yang dilakukan antara lain perbaikan pada pipa water intake dan melakukan beberapa inspeksi pada komponen PLTU. Waktu yang diperlukan untuk perbaikan diperkirakan 3 hari namun hari Minggu tidak ada pemadaman karena beban tidak terlalu tinggi.

Perbaikan segera dilakukan juga untuk mengantisipasi momen pemilihan kepala daerah Provinsi dan Kota yang akan diselenggarakan serentak pada tanggal 9 Desember nanti sehingga sistim lebih terjamin dan tidak ada gangguan

"Gangguan ini termasuk gangguan yang mendadak dan bisa terjadi sewaktu-waktu karena mesin beroperasi terus dan memasok daya yang besar untuk sistem di Batam," jelas Rudi.

Namun demikian, kata dia, pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar upaya perbaikan dapat selesai tepat waktu dan kami mohon doa serta dukungan masyarakat Batam, agar tidak terjadi gangguan-gangguan yang mengakibatkan terganggunya pasokan listrik ke pelanggan.

Informasi wilayah-wilayah yang terkena pemadaman bergilir, kami informasikan melalui contact centre bright PLN Batam 123 dari Telpon rumah atau 0778 123 dari HP dan dapat juga dilihat pada website www.plnbatam.com pada menu informasi pemadaman.

"Untuk mengurangi dampak terjadinya pemadaman, kami mengimbau para pelanggan dapat melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik selama dilakukannya perbaikan, misalnya dengan mematikan lampu, dan alat-alat elektronik apabila tidak dipergunakan dan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas terjadinya gangguan ini," tutup Rudi. 

Editor: Dodo