ASDP Batam Layani Penyeberangan ke Jambi di 2016
Oleh : Hadli
Kamis | 03-12-2015 | 12:10 WIB
asdp-endin-juhaedi.jpg
Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Endin Juhaendi.

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia siap membangun perekonomian dua wilayah melalui Batam dengan dibukanya rute pelayaran ke Dabo Lingga Provinsi Kepri - Kuala Tungkal Provinsi Jambi dan sebaliknya.

"Sebagaimana harapan masyarakat dan pemerintah kami siap melayani dengan dibukanya rute tersebut," kata Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Endin Juhaendi, Kamis (3/12/2015). 

Sejuah ini, katanya belum dapat diwujudkan, karena pembangunan pelabuhan kapal roll an roll (roro) di Kuala Tungkal belum rampung. "Kami sudah meninjau langsung. Kondisi saat ini belum selesai dibangun, masih dikebut," kata Endin. 

Ia berharap, pada 2016 pelabuhan tersebut sudah tercapai. Dengan demikian PT ASDP dapat menyambungkan kedua provinsi sesuai dengan harapan selama ini. 

"Pembukaan rute sesuai harapan dalam rapat bersama antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Provinsi Kepri beberapa waktu lalu di Batam yang menginginkan kapal roro menghubungkan dua daerah," terangnya. 

Tujuan dibukanya rute tersebut, akan mempermudah pendistribusian kebutuhan pokok dari Jambi ke Lingga dan Batam. Selama ini, tambahnya, masih terhambat sehingga menyebabkan kebutuhan pokok di Lingga menjadi mahal. 

"Kedepan tidak hanya masyarakat Lingga dan Batam yang diuntungan, tapi juga berdampak besar pada perekonomian Jambi, karena hasil produknya dapat terjual ke Linggga dan Batam mengingat Lingga dan Batam bukan daerah penghasil," harapnya. 

Setelah beberapa tahun PT ASDP Indonesia Fery Cabang Batam hadir Kepri telah menghubungkan pelayaran kapal roro antar Kota dan Kabupaten yang menginduk di Batam termasuk ke Riau. 

Rute Telaga Punggur Batam ke Tanjunguban di Pulau Bintan dengan frekuensi delapan pelayaran per hari. Sementara dari Tanjungpinang melayani ke Dabo Lingga dan Karimun satu kali dalam sepekan.

Selanjutnya Batam penyeberangan ke Dabo Lingga dua kali sepekan. Selain ke Dabo Lingga, juga menghubungkan ke Karimun yang terhubung dengan pelayaran ke Buton di Provinsi Riau.

Rute lainnya yang diharapkan Provinsi Kepri yakni PT ASDP dapat membuka pelayaran ke Natuna dan Anambas. Namun sejuah ini msih jauh dari harapan karena berkaitan infrastruktur di wilayah tersebut belum memadai. ‎

Editor: Dodo