Kepala Syahbandar akan Tindak Tegas Kapten Nakal
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 02-12-2015 | 18:56 WIB
IMG_20151202_111013.jpg
Kepala Syahbandar PDS, Khomaruddin. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna menjaga kenyamanan para penumpang dan keamanan pelayaran saat natal dan tahun baru 2016 melalui kapal feri di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Kepala Syahbandar PDS, Khomaruddin akan menindak tegas pelanggaran kapasitas penumpang. Hal itu ditegaskannya kepada wartawan di Pelabuhan Sekupang Batam, Rabu (2/12/2015).


Kenyamanan dan keamanan para penumpang sangat diutamakan saat berlayar. Apalagi di saat hari besar menjelang natal tentu banyak operator dan kapten kapal yang mengangkut melebihi kapasitas.

"Saya jamin kenyamanan penumpang saat berlayar paling diutamakan. Kalau ada kapten kapal yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas, kita langsung tindak," tegas Khomaruddin

Tindakan itu, kata Khomaruddin, dalam bentuk teguran keras, serta pencabutan surat izin berlayar, apabila terbukti melanggar aturan.

"Nanti kita proses di Kantor Syahbandar Batuampar. Teguran kerasnya kita cabut izin oprasinya," katanya.

Namun demikian, ia menilai hal itu kecil kemungkinan terjadi. Karena sebelum berangkat dari PDS pihaknya selalu melakukan  pengecekan seluruh kelengkapan kapal feri dari dokumen, sertifikat, serta kapten kapal.

"Kita selalu cek sebelum kapal itu berlayar ke kota tujuan. Karena itu sangat penting bagi kesepakatan penumpang," pungkasnya.

Editor: Dardani