Siswa SMA Kartini Batam Belajar Nulis Berita Bersama BATAMTODAY.COM
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 02-12-2015 | 10:44 WIB
P_20151201_154220.jpg
Wartawan muda BATAMTODAY.COM, Ahmad Rohmadi saat membagikan pengalamannya. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah menularkan virus jurnalisme kepada mahasiswa Politeknik Negeri Batam, BATAMTODAY.COM kembali menularkan ilmu yang sama kepada siswa SMA Kartini Batam, Selasa (1/12/2015).


Para siswa antusias belajar menulis berita dan menumpahkan rasa keingintahuan merekka tentang dunia jurnalistik. Di tengah guyuran hujan lebat, kegiatan ekstrakurikuler ini berlangsung hangat. Berbagai soal mereka lontarkan, termasuk mengenai apa resiko menjadi wartawan.  


Wartawan muda BATAMTODAY.COM, Ahmad Rohmadi yang baru kembali melakukan kegiatan jurnalistik di Singapura itu pun membagikan pengalamannya. Bahkan, di akhir kegiatan, beberapa dari mereka langsung mempraktikkan teknik wawancara mereka. Dan "korban"-nya adalah, Ahmad Rohmadi! "Banyak yang bisa saya pelajari dengan menjadi wartawan," ungkapnya. 

Sementara itu, Sekretaris PWI Kepri Saibansah Dardani mengatakan, menulis itu sebuah keharusan. Untuk bisa menjadi sarjana, harus bisa menulis skripsi. Bahkan, untuk pacaran pun harus bisa nulis surat cinta, minimal sms cinta. 

"Jangan hanya menulis untuk mading saja, yang hanya dibaca teman sekolah, tapi mulailah belajar menulis dan diterbitkan di media profesional, agar tulisannya bisa dibaca banyak orang," katanya.

Ia juga menambahkan, menulis itu ibarat berenang. Meskipun teori sudah di luar kepala, tapi belum tentu bisa jika tidak pernah dipraktikan. Karena itu ia pun menantang para siswa untuk berani mengekspresikan karyanya melalui sebuah tulisan kemudian dikirim ke : batamtoday.studentjournalism@gmail.com

"Tulisan yang layak tentu nanti akan kita publikasikan," ujarnya. 

Editor: Dardani